12 Grup Tari Maengket Semarakkan Festival Mengket di Tetey

Penyelenggara Dispar Minut di Restoran Gunung Kekewang

DIMEMBE, beritanusantara.co.id – Penjabaran visi dan misi bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan, STh. (VAP), dinas Pariwisata (Dispar) Pemkab Minut, Rabu (12/12/2018) melaksanakan pagelaran budaya Festival Tari Maengket antar sanggar kesenian Minut di teater Restoran Gunung Kekewang Desa Tetey Kecamatan Dimembe Minut.

Kadis Pariwisata, dr Sandra Rotie melalui Kepala Seksi Bidang Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya, Mersi Sigarlaki SE mengatakan, kegiatan Festival ini adalah program pelestarian nilai-nilai budaya, terutama kesenian dan sastra Tonsea.

“Festival ini sengaja dilaksanakan dalam mewujudkan visi dan misi Ibu Bupati sebagai program pelestarian nilai-nilai budaya di tanah Tonsea,” tuturnya.

Selanjutnya Sigarlaki mengatakan, Festival Maengket yang dilaksanakan ini, berbeda dengan kegiatan festival sejenis yang pernah digelar Dispar Minut. Sebab setelah pementasan, langsung dilaksanakan pemaparan maksud dan arti dalam setiap babakan yang ada dalam Maengket.

“Kami mengemas Festival yang diikuti 12 grup Maengket dari sanggar-sanggar pilihan dalam seleksi, lain dari biasanya. Dengan dipandu salah satu pemerhati budaya serta pelatih yang sukses menghantar kelompok Maengket yakni bapak Joseph Weku, langsung melakukan interaksi dengan memberikan pemaparan-pemaparan arti dan makna dalam setiap babakan Maengket dalam sastra Tonsea,” jelas Sigarlaki.

Bahkan turut didatangkan penyelenggara, seorang budayawan senior  Armien Repi yang juga menyatakan kegembiraan dengan dilaksanakannya Festival Maengket ini.

Secara terpisah Hesty Ch. Runtukahu General Manager (GM) Restoran Gunung Kekewang mengatakan, pihaknya sangat bersykur, atas kepercayaan Dispar Minut sehingga restoran Gunung Kekewang Tetey terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan Festival Maengket, selain berpengaruh terhadap pendapatan, ini adalah sarana promosi baik untuk Restoran Gunung Kekewang, juga bagi sarana promosi pariwisata. “Saya harapkan, kegiatan yang bagus ini, agar secara berkesinambungan pelaksanaannya, sehingga kami juga sebagai pelaku usaha pariwisata merasa terbantu dan dapat menunjang pelestarian budaya terutama kesenian,” kata Runtukahu.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan budaya ini, Sekretaris Dinas Sri Hesty Hebber mewakili Kadis Pariwisata Minut,Tim Kesenian Provinsi, dan Tim Kesenia Minut, Kesenian Sanggar Luri Rendeman Minawerot Kaasar dan Kaima yang membawakan tarian Lili Royor. (mt)