2.239 Guru Di Minahasa Kecipratan TSG Triwulan IV

Posted by

MINAHASA,beritanuasantara.co.id-—- Sebanyak 2.239 guru di Minahasa bakal menerima Tunjangan Sertifikasi Guru (TSG) periode Triwulan IV. Anggaran sebesar Rp.19,3 miliar kembali disiapkan Pemerintah Kabupaten, setelah tak lama berselang TSG periode Triwulan III baru saja dicairkan minggu lalu.

“Dananya sudah ada di Dinas Keuangan, masih sama anggaran seperti TSG Triwulan III, syaratnya pun masih sama. Wajib membawa SK Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK),” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Drs. Arody Tangkere, MAP, Rabu (06/12).

Dikatakan Tangkere, dari jumlah guru tersebut, tinggal 50 guru saja yang belum mengantongi SK Dirjen GTK. “Sementara berproses yang 50 lagi. Biasanya kalau sudah diajukan, seminggu proses pengurusannya selesai. Begitu selesai siap kita bayarkan,” katanya.

Olehnya, dirinya berharap, penjaminan kesejahteraan guru lewat TSG ini, mampu meningkatkan kualitas dan profesionalisme pengajar di Minahasa. Menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing, merupakan misi utama seorang guru.

“Wajib ditingkatkan, pemerintah kini tak tanggung-tanggung menjamin kesejahteraan guru. Dan satu lagi, bagi guru yang tidak mengantongi jam mengajar ideal, misalnya 24 jam seminggu. Atau tidak masuk kelas selama tiga hari, TSG tidak dapat kami berikan,” tandasnya.

Guru Bersertifikasi di Minahasa
SD: 1.232
SMP: 779
Pengawas: 36
TK dan Paud: 142.
Belum bersertifikasi : 50
Total: 2.239 Guru.