30 Nama Anggota DPRD Kabupaten Minut Terpilih Ditetapkan KPU

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id –  30 Kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabuaten Minahasa Utara (MInut), Minggu (11/08/2019) ditetapkan  Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rapat pleno bersama hasil Pemilihan Umum Legislatif untuk DPRD Minut.

Pleno yang berlangsung di Ruang Paripurna DPRD Minut yang juga dihadiri Komisioner Bawaslu Minut ini, juga secara tidak langsung menetapkan  pemenang Pemilu Legislatif di Minut yakni PDI-P dengan capaian 9 kursi, kemudian Partai Nasdem 5 kursi dan untuk posisi ke tiga dibagi oleh Partai Golkar dan Demokrat dengan masing-masing 4 kursi.

PDI-P yang barusan melaksanakan Kongres ke-5 di Bali ini, mendapakan perwakilan dari setip dapil yang ada,dengan pesebaran yang hamper merata yakni 3 kursi di dapil Satu, 2 kursi dapil Dua, 2 kursi dapil Tiga dan 2 kursi di dapil Empat

Keperkasaan PDI-P dengan capaian 9 kursi ini, membawa partai berjulukan Banteng Moncong Putih ini kembali memperoleh jatah ketua DPRD.

Ketua KPU Minut Stella Runtu menyebutkan suksesnya rangkaian kegiatan Pleno merupakan hasil kerjasama semua pihak, mulai dari staf KPU Minut, Bawaslu Minut, Kepolisian, TNI, partai politik dan Pemerintah Daerah serta masyarakat.

“Kegiatan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Parpol dan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minut telah berakhir dengan baik dengan aman, saya berterimakasih kepada semua pihak yang sudah bekerja dan membantu sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, juga terima kasih untuk rekan-rekan komisioner Hendra Lumanauw, Darul Halim, Dikson Lahope, dan Robby Manoppo. Setelah pleno penetapan ini sebagai kewajiban, KPUMinut akan menyerahkan seluruh dokumen terkait penetapan ke KPU RI, juga akan mengirim surat usulan pelantikan anggota DPRD Minut ke Gubernur Sulawesi Utara melalui Bupati Minut. Setelah seluruh persyaratan terpenuhi dan laporan ini ditindak lanjuti, kita tinggal menunggu pelaksanaan pelantikan, mudah-mudahan sesuai dengan jadwal,” jelas Stella Runtu Komisioner KPU Minut, usai Pleno.

Lebih lanjut, Stella Runtu menyebutkan pentingnya Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang wajib dibuat, dan dimasukkan ke KPU sebagai persyarataan wajib seluruh caleg terpilih, sehingga tidak menghambat proses pelantikan.

“Mohon dipahami semua pihak, teristimewa para caleg terpilih akan pentingnya memasukkan LHKPN,  sebab menjadi salah satu persyaratan yang wajib dimasukkan ketika soang caleg dinyatakan sebagai Anggota Legislatif dan menjadi pejabat Negara/Daerah, dan ini sesuai perintah aturan yang ada,” tegas Runtu.

Sementara itu salah satu Komisioner Bawaslu Minut Rahman Ismail mengatakan dengan ditetapkannya Anggota DPRD Minut, melalui Rapat Pleno bersama merupakan akhir dari proses panjang tahapan Pemilu Legislatif yang bergulir selama satu tahun. “Semoga wakil-wakil rakyat di DPRD Minut yang sudah diberikan mandat oleh rakyat, bisa bekerja dengan baik dan membawa kemajuan serta angin kesejahteraan sesungguhnya di Tanah Tonsea,” kata Ismail.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Bupati Minut Vonnie Panambunan dalam kapasitas Ketua DPD Partai Nasdem Minut, Sekda Minut Ir Jimmy Kuhu, Kapolres Minut AKBP Jefri Siagian, perwakilan Kodim Bitung/Minut dan Manado, serta para saksi dari Parpol. (mt)

Berikut nama-nama legislator kabupaten Minut yang telah ditetapkan dalam rapat Pleno KPUD Minut

 

 

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================