Bupati ROR Ikut Pembukaan ANPK Dengan KPK-RI

Minahasa,beritanusantara.co.id – Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, Rabu (26/08) 2020, mengikuti pembukaan Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK) tahun 2020, yang di gelar Komisi Pemberantasan Korupsi Repoblik Indonesia (KPK-RI) di Jakarta, melalui virtual zoom.

Pada kegiatan yang dibuka langsung oleh Prrsiden RI H Ir Joko Widodo ini, Bupati ROR juga memgikuti tiga sesi dialog dan tanya Jawab.

Presiden Jokowi sendiri mengarahkan agar di tengah krisis ekonomi dan kesehatan akibat pandemi COVID-19 ini, menjadi momentum yang berbenah secara komprehensif.

“Wujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, cepat, produktif dan efisien, dan di saat yang sama harus akuntabel dan bebas korupsi. Dua hal itu sama penting dan tidak bisa dipertukarkan, keduanya harus dijalankan, berjalan bersama dan saling menguatkan,” kata Jikowi.

“Hal itu memang tidak mudah, tetapi ini adalah tantangan yang harus dipecahkan, harus dirumuskan dan lakukan langkah konkrit, konsisten dari waktu ke waktu. Ada dua hal yang harus terus dilakukan untuk upaya pencegahan korupsi yakni, regulasi yang harus terus dibenahi dan reformasi birokrasi,” pungkasnya.

Sementara, arahan Jokowi ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dibawah pimpinan Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM, soal pemerintahan yang Bersih dan Terpercaya.

“Sejak memimpin Minahasa, kami berkomitmen pada pencegahan dan pemberantasan korupsi. Hal itu secara jelas tertuang dalam Nawa Cita RR-RD yakni, pemerintah tidak akan absen dalam membangun tata kelola pemerintahan yang bersih dan terpercaya. Hal ini tentu membutuhkan dukungan semua jajaran Pemkab Minahasa, serta aparat terkait, bahkan seluruh masyarakat Minahasa,” tukasnya.

“Dengan demikian harapan dan arahan bapak presiden akan dapat kita jawab,” tandasnya.