4.948 siswa SMP di Minahasa siap ikut UNBK

MINAHASA,beritanusantara.co.id  – Sebanyak 6 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dikelolah pihak swasta di Kabupaten Minahasa telah menyatakan siap menjadi peserta dalam pelaksanan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Dr. Arody Tangkere, Rabu (11/4) kemarin.

(foto saat Kadis pendidikan Arody Tangkere mendampingi Pjb Bupati Mewoh mengontrol pelaksanaan UNBK SMK beberapa minggu yang lalu)

Menurut Tangkere, total keseluruhan yang siap ikut UNBK menjadi 12 sekolah. Mereka ini sudah memenuhi syarat untuk melaksanakan UNBK. “Sebelumnya hanya 6 sekolah yang menyatakan siap. Tapi baru-baru ini ada 6 sekolah swasta sudah menyatakan ikut.

Jadi total sekolah yang akan mengikuti UNBK ada 12 SMP yakni – lihat grafis,” ungkap Tangkere sembari menambahkan, untuk sekolah yang belum bisa menggelar UNBK akan mengikuti ujian tertulis dan soal ujian masih dalam tahap penyusunan.”ujar Tangkere

Operator Dinas Pendidikan Minahasa Kendy Poli, S.Pd menambahakan, dari 12 sekolah yang akan menggelar UNBK, ada 1 sekolah yang masih meminjam Laboraturium Komputer dari sekolah lain.

“SMP Negeri 3 Tondano, memang sudah siap menggelar ujian ini, namun mereka akan meminjam laboraturium Komputer dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Tondano,” kata Poli.

 

Berdasarkam data dan informasi, untuk konstruksi soal yang akan digunakan nanti, penyusunannya 75 persen data dari Kabupaten Minahasa dan 25 persen  data dari pusat. Dan jumlah siswa SMP yang akan mengikuti UNBK berjumlah 4.948 siswa, Pria 2.554 siswa sementara Wanita berjumlah 2.394 siswa.

12 sekolah SMP di Minahasa Ikut UNBK.

  1. SMP Negeri 2 Tondano
  2. SMP Negeri 3 Tondano
  3. SMP Negeri 1 Kawangkoan
  4. SMP Negeri 2 Kakas
  5. SMP Negeri 1 Tombariri
  6. SMP Negeri 2 Langowan
  7. SMP Advent Tompaso
  8. SMP Alexa Lotta Pineleng
  9. MTS Kawangkoan
  10. MTS Tarbiyah Plus Tondano
  11. MTS Insani Tateli
  12. MTS Al Ikhla