5 Anggota DPRD Minut Kawal Musrenbang Talawaan

TALAWAAN, beritanusantara.co.id – Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Selasa (12/02/2019), mendapat respon 5 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minut dan hadir serta memberikan sambutan dan yang hadir adalah Altje Polii SH, Lucky Kiolol, Wentrik Sambiran, Cintya Erkles SAB dan Edwin Nelwan, sementara absen dari dapil empat ini hanya Stevanus Prasetyo dan Wellem Katuuk SH MH 

Dalam musrenbang ini kelimanya sepakat untuk mengawal rencana pembangunan yang sudah ditetapkan untuk dilaksanakan di Kecamatan Talawaan yang nantinya akan dikerjakan menggunakan APBD 2019.

Menurut data Bapelitbang yang sisampaikan Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Daysi Tampi SP MSi, ada beberapa kegiatan dan proyek telah ditetapkan untuk dibangun di kecamatan Talawaan.

Proyek ini akan dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang (PUPR) tersebut antara lain, ganti rugi pembangunan jalan Kolongan-Talawaan, penigkatan ruas jalan Mapanget-Winetin, Pembangunan talud Talawaan, pembangunan penangkap mata air dengan kapasitas 2 liter/detik Desa Tumbohon, jalan paving stone Desa Paniki Baru, dan rabat beton Desa Talawaan. Sementara dari Dinas Kelautan dan Perikanan yaitu belanja rehabilitasi kolam budidaya Desa Talawaan. Sedangkan untuk Pendidikan adalah, pembangunan pagar TK GMIM Talawaan, paving blok SMPN I Talawaan, rehab ruang kelas SD Inpres Wusa, rehab ruang kelas SDN Kecil Mapanget, rehab ruang kelasSD GMIM 52 Mapanget, pemasangan paving blok Pendidikan isi Mapanget dan di bidang kesehatan , pengadaan mobil Ambulance Puskesmas Talawaan.

Kaban Bapelitbang Arnolus Wolajan SSTP saat menyampaikan sambutan mengaku mengapresiasi kehadiran kelima anggota dewan Dapil 4 yang sudah memberikan pencerahan bagi peserta Musrenbang.
“Apa yang sudah disampaikan oleh anggota dewan tentunya juga menjadi komitmen Pemkab Minut, sebab anggaran yang sudah tersusun merupakan hasil pembahasan bersama. Oleh karenanya tidak ada lagi perubahan dalam pelaksanaannya nanti . Kami tentunya mengapresiasi sekaligus berterima kasih kepada anggota dewan dari dapil empat ini yang sudah hadir memberikan pemahaman kepada peserta terkait mekanisme penyusunan anggaran,” tukas Wolajan.
Terpisah Camat Talawaan Herman Mengko SIP mengatakan pelaksanaan Musrenbang ini merupakan amanat Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang perencanaan pembangunan nasional.
“Hal ini harus dilakukan sebagai pemenuhan amanat UU nomor 25 tahun 2004 agar nanti hasil dari Musrenbang Kecamatan ini dapat dilanjutkan di tingkat Kabupaten dan tingkat provinsi. Kami ingatkan kepada peserta untuk tidak kecewa bila aspirasi yang dibawa belum diakomodir,” tandas Mengko didampingi Sekcam Royke Rampengan S.Pt M.Si.
Hadir dalam Musrenbang ini para Kapolsek Dimembe AKP Edi Susanto S.Sos, Danramil 1310-04 Dimembe yang diwakili Peltu Lodewik Tangka, Hukum Tua dari 11 desa, para Sekdes, Kepala PKM Talawaan dr Sinta Toar, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh Pendidikan. Kapolsek Edi yang baru seminggu bertugas memberikan pesan kamtibmas kepada peserta.(mt)