DPRD Minut Akhirnya Sepakati 5 Fraksi

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Polemik terkait pembentukan dua Fraksi Partai Gabungan dan kemudian menjadi penyebab terhambatnya pembahasan sejumlah agenda di DPRD Minut, akhirnya selesai, menyusul hasil konsultasi Pimpinan sementara dan Anggota DPRD Minut ke Biro Hukum Pemerintah Provinsi Sulut, Rabu (25/09/2019), dengan hasil, penetapan fraksi gabungan partai disesuaikan dengan Tata Tertib (Tatib) dewan yang ada dengan satu fraksi untuk gabungan partai.

Penuturan Ketua Dewan sementara Denny K Lolong. S.Sos kepada sejumlah wartawan, sesuai dengan kesepakatan bersama maka dilakukan langkah konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Sulut dengan hasil diperkenankan hanya satu fraksi gabungan untuk DPRD Minut.
“Berdasarkan kesepakatan bersama, kita tindak lanjuti dengan berkonsultasi di Biro Hukum Pemprov Sulut. Dan konsultasi telah disepakati untuk gabungan parpol hanya bisa membentuk satu fraksi. Dan ini mengacu dari tata-tertib dewan,” jelas Denny Lolong.
Dengan kesepakatan ini, sudah dipastikan fraksi Tonsea akhirnya kandas. Bahkan beberapa parpol yang semula hengkang dan membentuk fraksi Tonsea, akhirnya kembali setelah menerima surat dari petinggi masing-masing partai.
Sementara itu, komposisi Fraksi Klabat yang diisi Partai Gerindra, PKPI dan PBB, akhirnya membuka kembalinya Perindo dan PAN yang didukung oleh surat pimpinan Parpol, dan telah masuk ke Sekretariat Dewan.

“Fraksi Klabat awalnya ada enam parpol. kemudian Perindo, Hanura dan PAN keluar. Namun, saya sudah cek di sekretariat dewan bahwa laporanya sudah ada dua surat dari pimpinan Parpol yang menyatakan untuk kembali ke fraksi Klabat, yakni Perindo dan PAN. Untuk Hanura masih sementara proses. Namun jika tidak masuk dengan fraksi klabat maka mereka yang jumlah kursinya tak memenuhi kuota untuk membentuk Fraksi utuh harus bergabung dengan Parpol yang memiliki fraksi utuh,”  kata Delon sapaan akrab Lolong.
Berdasarkan hasil konsultasi dan kesepakatan bersama, maka digelar rapat paripurna penetapan fraksi-fraksi DPRD Minut periode 2019 – 2024 yang berlangsung Rabu (25/09/2019) pukul 19.00 WITA, di ruang sidang Kantor DPRD Minut.
Sementara jumlah Fraksi yang ditetapkan sebanyak 5 Fraksi. Diantaranya adalah Fraksi PDIP 9 kursi, Fraksi Partai Nasdem 5 kursi, Fraksi Partai Golkar 4 kursi, Fraksi Partai Demokrat 4 kursi dan Fraksi Klabat 6 Kursi. (mt)

BERIKUT KOMPOSISI FRAKSI DI DPRD MINUT:
FRAKSI PDIP
Penasehat Denny K Lolong S.Sos
Ketua Abraham Eha
Wakil ketua Jerry Umboh
Wakil ketua Novie Paulus
Wakil ketua Edwin Kambey
Sekretaris Gerrit Luntungan
Wakil Sekretaris  Chris Yodi Longdong
Bendhara Jimmy Mekel
Wakil Bendhara Vonni Rumimpunu

FRAKSI NASDEM
Penasehat Shintia Gelly Rumimpunu
Ketua Meidi Kumaseh
Wakil 1 ketua Paulus Sundalangi
Wakil ketua II Sarhan Antili
Sekretaris Daniel Rumumpu
Wakil sekretaris Arlens Pungus
Bendhara Frederick Runtuwene

FRAKSI GOLKAR
Penasehat Olivia Mantiri
Ketua Paultje Sundah
Sekretaris Edwin Nelwan
Anggota Joseph Dengah

FRAKSI DEMOKRAT
Ketua Stendy Rondonuwu
Wakil Ketua Stevanus Prastyo
Sekretaris Stevano Pangkerego
Anggota Arnold Lamuni

FRAKSI KLABAT
Ketua Shintia Erkles
Wakil Ketua Azhar, SE
Wakil ketua II Anthoni Pusung
Sekretaris Denny Sompie SE
Wakil Sekretaris Jantje Longdong
Bendhara Marsell SE MM

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================