Air Bersih Waleo Dua Difungsikan

KEMA, beritanusantara.co.id – Program Air Bersih yang dibiayai dari alokasi dana desa (Dandes) Waleo Dua Kecamatan Kema, Jumat (15/03/2019) diresmikan pemanfaatnnya oleh Asisten bupati bidang Pemerintah dan Kesra Drs Rivino Dondokambey, mewakili Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, STh.

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita dan dibukanya secara bersama kran air pertama kali oleh Asisten 1, Camat Kema Vilma Anthoni, Hukum Tua Desa Waleo 2, Sekcam Michael Parengkuan SSTP, Danramil 1310-05 Kauditan yang diwakili Babinsa Waleo 2 Serma Yunus disaksikan oleh seluruh warga yang hadir.

Warga desa ini bersyukur dengan selesainya dibangun proyek air bersih yang sumber mata airnya diambil sekira 7 kilometer dari wilayah perkebunan Desa Waleo yang sebelumnya adalah desa induk. Instalasi yang dipasang harus melewati hutan, perkebunan warga dan tebing yang curam agar air yang ada bisa sampai ke desa Waleo 2.

“Bagian yang paling lama dan sulit adalah memasang instalasi air di dinding jurang, para pekerja dengan sangat berhati-hati bergelantungan menggunakan tali untuk memasang pipa paralon. Tidak ada pilihan lain instalasi harus lewat di dinding tebing karena untuk menghindari tebing harus memutar yang berakibat jauh dan bertambahnya biaya. Meskipun dengan taruhan nyawa para pekerja yang adalah warga desa tetap berupaya melakukan pekerjaan sulit ini,” tutur Hukum Tua Desa Waleo 2 Luisa Makalew.
Menurut Makalew, proyek air bersih ini menggunakan anggaran dandes tahun 2018 sebesar 500 juta yang dikerjakan 3 tahap. Yang terdiri dari pembangunan 4 bak penampungan dari sumber air sampai dengan yang terdapat di desa.
“Tahun 2019 ini akan dipasang instalasi air bersih di rumah-rumah penduduk untuk kemudian akan di Tarik iuran. Sedangkan untuk pengelolaannya akan diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sekaligus untuk maintenance dari instalasi yang ada,” tukas Makalew.
Dalam sambutannya Dondokambey mengatakan selamat atas pembangunan air bersih ini sehingga bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga desa.
“Dengan dibangunnya air bersih ini program Nawacita ke-3 yakni membangun dari pinggiran dari Presiden RI Joko Widodo bisa diwujudkan. Demikian pula manfaat dana desa dapat dimaksimalkan bagi kepentingan warga desa. Peresmian ini diikuti dengan hujan deras, semoga ini dapat dimaknai sebagai awal berkat yang akan diterima oleh warga desa” tukas Dondokambey yang juga mengajak warga masyarakat untuk ikut bersinergis dengan pemdes dalam membangun desa.(mt)