AJI Manado : Batalkan Remisi Pembunuh Jurnalis !

Gelar Aksi Demo di Zero Point

MANADO, beritanusantara.co.id – Bertitik tolak keluarnya keputusan presiden RI yang memberikan remisi kepada I Nyoman Susrama terpidana sebagai otak pembunuhan wartawan Radar Bali (Alm) I Gede Bagus Narendra Prabangsa, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado bersama simpatisan lainnya demi solidaritas dan kesetia kawanan, Jumat (25/01/2019) menggelar aksi damai dengan inti tuntutan menolak sekaligus meminta pembatalan putusan pemberian remisi yang diberikan melalui Keputusan Presiden Nomor 29 tahun 2018 tentang pemberian remisi.
I Nyoman Susrama mendapat remisis dari pidana penjara seumur hidup menjadi pidana penjara sementara.
Ketua Aji Manado Lynvia Yintze Gunde dalam release menilai pemberian remisi ini sebagai langkah mundur terhadap penegakan Kemerdekaan pers.

“Pemberian remisi dari seumur hidup menjadi 20 tahun ini bisa melemahkan penegakan Kemerdekaan pers Karena setelah 20 tahun, dimungkinkan akan menerima lagi remisi dan jika dimungkinkan nantinya akan menerima pembebasan bersyarat,” kata Via sapaan akrabnya.

Selanjutnya salah satu wartawan senior Sulut ini mengatakan, pengungkapan kasus pembunuhan wartawan di Bali tahun 2010 adalah momentum penegakan kemerdekaan pers di Indonesia, sebab sebelumnya tidak ada kasus kekerasan terhadap pers yang diungkap secara tuntas di sejumlah daerah, apalagi dihukum berat.

“Berangkat dari hal di atas kami AJI Manado beresikap menolak dan mendesak presiden untuk membatalkan pemberian remisi kepada narapidana pembunuh jurnalis, dalam bentuk aksi unjuk rasa, sekaligus kami memohon maaf jika ada pihak-pihak yang terganggu dengan kegiatan kami,” tegas Gunde.

Dalam pemberitahuan disebutkan Pelaksanaan aksi demo Jumat 25 Januari 2019 pukul 14.00 sampai pukul 18.00 WITA, bertempat di tempat Tugu Zero point pusat Kota Manado, estimasi masa 300 Orang, dEngan penanggung jawab aksi ketua Aji Manado dan koordinator aksi Kabid advokasi AJI Manado Asrar Yusuf. Sedangkan titik kumpul di sekretariat Aji Manado Jalan Pulau Alor kelurahan Kleak Kecamatan Malalayang Kota Manado, dengan Inti tuntutan, Batalkan Remisi Terhadap Narapidana Pembunuh Jurnalis. (mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================