Alam Mendukung, Rekor Dunia Selam Berhasil Pecah di Pantai Teluk Manado

MANADO, beritanusantara.co.id– Sejarah baru ternyata berhasil ditorehkan 578 penyelam dari berbagai penjuru Indonesia dan Mancanegara, di Kota Manado Sulawesi Utara, yang berhasil  dalam pemecahanrekor digelar di pantai Kawasan Mega Mas Manado, Kamis pagi (01/08/2019).
Manado sebagai salah satu destinasi Wisata Tanah Air, menjadi saksi sejarah rekor dunia Rantai Manusia Terpanjang di Bawah Air berhasil pecah di bawah dukungan alam kota Manado yang cerah.

Divers Papua Barat Berpartisipasi Dalam Pemecahan Rekor Dunia
Divers Papua Barat Berpartisipasi Dalam Pemecahan Rekor Dunia. (Sumber Foto Denny T)

Rangkaian kegiatan yang dibuka langsung ketua Wanita Selam Indonesia (WASI) ibu Tri Tito Karnavian ini adalah, pemecahan rekor dunia yang dibagi dalam tiga kategori yakni Penyelaman Massal Terbanyak, Rangkaian Penyelam Terpanjang Dibawah laut dan Pembentangan bendera Merah Putih Terbesar dibawah laut.


Sejak subuh suasana teluk Manado terlihat ramai oleh aktivitas para pendukung yang terpusat di pantai Kawasan Megamas.
Ketika ufuk semakin tinggi, semakin ramai warga Manado dan juga wisatawan terlihat memadati lokasi serta beberapa spot kegiatan yang juga dijaga oleh aparat keamanan Polri dan TNI.
Aktivitas di perairan juga tak kalah sibuknya, mondar mandir perahu dan kapal milik Polairud Polda Sulut serta para Marinir TNI Angkatan Laut semakin memperlihatkan kesiapan pelaksanaan even yang terbilang langka di daerah ini, ketika mengawasi penyelam yang dipimpin langsung ibu Tri Tito Karnavian sedang melaksanakan kegiatan pemecahan rekor.
Akhirnya, melalui pengeras suara sekitar pukul 08.45 WITA, diumumkan bahwa rekor rantai manusia terpanjang di bawah laut, berhasil terpecahkan di laut Manado setelah para penyelam ini berupaya sekurangnya 30 menit melakukan aktivitas di bawah laut teluk Manado yang dikenal memiliki karakteristik ekstrim ini.

Suasan Teluk Manado Ketika Pemecahan Rekor Dunia Selam (Sumber Foto FB Dino Gobel)

Luapan kegembiaraan menyambut pengumuman, ditandai dengan raungan Sirene dan tak lama kemudian para pemecah rekor dunia ini bermunculan ke permukaan air laut dengan terlihat membawa wajah gembira.
Alhamdulillah puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa semua kerja keras kita dalam setahun ini berhasil. Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, terima kasih kepada Bangsa Indonesia, terima kasih kepada semua masyarakat Indonesia dan juga masyarakat Sulawesi Utara tentunya semua peserta yang telah menyukseskan acara ini,” ucap Ketua WASI.
Selanjutnya Ibu Tri Tito Karnavian kepada sejumlah wartawan menyebutkan pelaksanaann ivent kali ini terbilang spektakuler sebab diikuti para penyelam dari beberapa negara, juga mengikutsertakan anggota Polri,TNI, Para Penyelam Wanita serta penyelam profesional dari Manado dan sekitarnya, juga berasal dari beberapa daerah di Indonesia
“Kita memiliki pantai yang indah dan luas bahkan melebihi keindahan pantai di Amerika. Dengan even ini kita tunjukan bahwa negara Indonesia adalah negara Maritim, yang kaya akan khasanah laut dibandingkan dengan negara lain. Kegiatan penyelaman ini juga memiliki  tujuan agar sektor pariwisata di Manado dan Sulawesi Utara semakin bergerak maju dan menunjang pariwisata Indonesia,” katanya.
Ketua Ormas Kristen Benteng Nusantara Steven Kembuan, ketika dihubungi mengaku sangat bangga dengan kegiatan pemecahan rekor dunia selam yang dilaksanakan oleh WASI di Manado, sebab selain mengangkat potensi pariwisata daerah, kegiatan ini membuktikan bahwa Manado dan Sulut umumnya sangat layak sebagai destinasi dan lokasi pelaksanaan even Nasional maupun Internasional. “Dengan keamanan dan kenyamanan yang kami jaga bersama antara aparat Polri dan TNI dengan masyarakat, semua even nasional dan internasional dapat diselenggarakan di Manado, sekali lagi terima kasih atas kepercayaan penyelenggaraan acara spektakuler dan kami wajib mendukung dan menyukseskan kegiatan ini,”   kata Peps sapaan akrab salah satu aktivis Sulut ini.
Catatan rekor ini pecah menumbangkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Amerika Serikat dengan jumlah penyelam sebanyak 368 orang.
Penyerahan Piagam Sertifikat Rekor Dunia ini diserahkan oleh Panitia Guinnes World Record dari London dan diterima oleh Ketua WASI Ny. Tri Tito Karnavian, di Kawasan Mega Mas Manado. (mt)

Kontingen Divers Papua Barat Foto Bersama (Sumber Foto Denny T)

Sumber foto Utama : tribratanewspoldasulawesiutara.com

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================