Andrei Angouw Pimpin Paripurna Penyampaian Keputusan DPRD Tentang Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Gubernur Sulut Tahun 2017

MANADO, beritanusantara.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Keputusan DPRD tentang rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Gubernur Sulut tahun 2017.

Ketua Pansus DPRD Sulut, Ferdinand Mewengkang saat membacakan rekomendasi terhadap LKPJ Gubernur Tahun 2017

 

Kegiatan yang digelar Jumat (27/4/2018), dipimpin langsung oleh ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw, dan didampingi oleh Wakil Ketua Vreeke Runtu,Marthen Manopo dan Wenny Lumentut, serta dihadiri oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw,Unsur Forkopimda, Sekprov dan jajaran SKPD serta undangan lainnya. Agenda ini sendiri mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) No 3 Thn 2007 Tentang Laporang Penyelengaraan Pemerintahan Daerah Kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban pemerintah kepada DPRD dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kepada Masyarakat sebagai implementasi pelaksanaan Undang-undang (UU) No 23 tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Pimpinan Rapat Paripurna Penyampaian Keputusan DPRD Tentang Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Gubernur Sulut Tahun 2017

Rapat peripurna diawali penyampaian Rekomendasi DPRD Sulut Terhadap LKPJ Gubernur Tahun 2017, yang dibacakan Ketua Panitia Khusus (Pansus) LKPJ 2017 Ferdinand Mewengkang. Dalam pemaparannya, ketua Pansus mengapresiasi optimalisasi pengelolaan pendapatan Sulut tahun 2017 karena dinilai berhasil bahkan melampaui Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun sebelumnya. itu didasari kinerja Pemprov Sulut yang terbukti mampu mengoptimalkan pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Di tahun 2017, PAD Sulut sebesar Rp 1.146.694.267.559 meningkat dari Rp. 981.071.815.882 pada tahun 2016. Sulut juga memperoleh dana perimbangan sebesar Rp. 2.508.041.622.193 dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp. 77.185.233.000 sehingga secara keseluruhan total pendapatan daerah sebesar Rp. 3.731.919.122.752.

 

 

Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw menyalami ketua Pansus LKPJ Gubernur Sulut Tahun 2017 , Ferdinand Mewengkang

Disisi lain, Pansus LKPJ ikut merekomendasikan kepada Pemerintah Provinsi Sulut tentang batas wilayah, masalah lingkungan, serta beberapa akses jalan yang perlu diperhatikan dan Pemprov Sulut. “Perlu adanya reboisasi penanaman kembali demi pelestarian hutan dan lingkungan serta penyediaan kebutuhan pertanian,  menuntaskan penyelesaian masalah tapal batas wilayah Sulut, serta segera memperbaiki ruas jalan Provinsi yang rusak agar akses jalan tersebut bisa dinikmati masyarakat sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat,” jelas Ferdinand.

 

Diketahui rangkaian proses pembahasan telah ditempuh pansus, terkait pengambilan keputusan oleh fraksi-fraksi gedung cengkih tersebut. sejumlah rekomendasi yang diberikan para wakil rakyat, diantaranya hal-hal terkait dengan realisasi anggaran yang di laporkan oleh SKPD-SKPD pemerintah provinsi ini, bahkan sampai laporan hasil “on the spot” ke 15 Kabupaten/kota dari pimpinan dan anggota pansus sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi kinerja.

Gubernur Olly Dondokambey Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw menyalami ketua Pansus LKPJ Gubernur Sulut Tahun 2017, Ferdinand Mewengkang

Dengan Rapat Paripurna internal ini, akhirnya DPRD Sulut melalui Pansus yang di ketuai oleh Ferdinand Mewengkang tersebut, berhasil mendapat kesepakatan dan rekomendasi untuk program kerja gubernur 2018 mendatang dan di serahkan dalam sidang Paripurna Istimewa DPRD Sulut. “Rekomendasi DPRD ini guna perbaikan penyelengaraan pemerintah daerah kedepan yang dituangkan dalam Catatan-catan strategis, yang berisikan saran, masukan dan atau koreksi untuk tugas-tugas pemerintahan,” jelas Angouw saat memimpin rapat paripurna tersebut.

Dalam sambutannya Gubernur Olly Dondokambey mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada DPRD Sulut yang telah memberikan rekomendasi untuk pemwrintahan yang labih baik kedepannya. “Ini semua demi rakyat dan kesejahteraan rakyat. Saya percaya, bahwa rekomendasi yang disampaikan telah melalui suatu kajian pemikiran yang matang dan komprehensif serta terus memacu laju gerak roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan menjadi semakin optimal dan solutif menjawab harapan dan keinginan rakyat,” tutur Olly Dondokambey.

Suasana Rapat Paripurna

Gubernur berharap, setiap rekomendasi yang disampaikan oleh pihak DPRD dapat memenuhi ciri rekomendasi yang konstruktif, diarahkan untuk menyelesaikan masalah yang ditemukan, berorientasi pada tindakan nyata dan spesifik, ditujukan pada pihak yang mempunyai wewenang untuk bertindak, dan dapat dilaksanakan dengan biaya yang memadai. “Saya mengajak segenap stakeholders pembangunan terkait, utamanya Perangkat Daerah, Biro, Kantor dan seluruh Unit Kerja di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, untuk bersama-sama merespon cepat dan tepat berbagai rekomendasi ini, dengan melakukan perbaikan dan pembaharuan sebagaimana mestinya,” tutup Gubernur.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan Rekomendasi DPRD Sulut oleh Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir. Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pansus LKPJ yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan kepada semua tamu undangan yang telah mengikuti Rapat Paripurna DPRD Sulut.(Advetorial)