Baby Renggo Juara Kelas LB Paud pada Lomba Burung Berkicau di Manado

Manado Start Fight Bird Club

MANADO, beritanusantara.co.id – Kicau Mania Manado, sebutan khas para pecinta burung berkicau khusus wilayah Manado saat ini patut berbangga dengan semakin banyaknya pelaksanaan lomba burung berkicau, baik kategori Latihan Bersama (Latber), Latihan Prestasi (Latpres) maupun ketegori kejuaraan atau Cup.

Selain dilaksanakan oleh Klub Kicau mania yang sudah ada di Manado, perlombaan ini sudah merambah ke kalangan umum yang bertindak sebagai panitia pelaksana.

Seperti halnya lomba dengan mempertandingkan beberapa kelas dan jenis burung, yang digagas Pemuda Kampung Ternate Baru dan Pemuda Ternate Tanjung, Minggu (19/08/2018)  di Lapangan serbaguna Ternate Baru. Lomba dengan kategori Latihan Prestasi (Latpres) dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73.

Antusias pecinta burung kota Manado dan sekitarnya ditandai denga kehadiran sekira 100 orang pecinta dan pemilik burung berkicau, yang membawa ratusan burung berbagai jenis, mulai dari Lovebird, Murai Batu, Cucak Ijo, Kolibri, Kenari, Kecer dan Pleci.

Ratusan burung berbagai jenis ini, terdistribusi dalam 19 jenis lomba yakni kelas Lovebird A-B-C, Kenari A-B-C, Kacer A-B, Lovebird Paud A-B-C, Cucak Ijo A-B-C, Murai Batu A-B, Pleci D, Kolibri D serta kelas Best Of The Best Lovebird dewasa.

  • Untuk kelas Lovebird Paud A, burung Lovebird Baby Renggo milik Yanny Lumintang dari Manado Start Fight BC keluar sebagai juara pertama dengan skor 490 point.

Menurut Yanny pemilik kios Burung dan Pakan Hoky di bilangan Wawonasa Kapleng ini, untuk menjadikan LB (singkatan untuk Lovebird) juara, sangat membutuhkan kesabaran dan ketelitian, sebab selain setingan untuk melatih burung, pakan juga sangat berpengaruh pada bunyi dan durasi kicauan. “Saat ini berbagai cara sudah dilakukan bahkan menimba ilmu dari beberapa pecinta burung berprestasi dari jawa sudah dilaksanakan dan ini harus dikombinasikan dengan asupan nutrisi dari pakan yang simbang,” kata Yani yang menawarkan pakan Start Fight untuk LB berprestasi dan sudah dibuktikan pada burung peliharaannya yang akhirnya juara. (mt)