Bapelitbang Gelar Evaluasi SIPD dan Sosialisi Road Map TIFF

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Daerah Kota Tomohon menggelar rapat evaluasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dirangkaikan dengan sosialisasi penyusunan road map Tomohon International Flower Festival (TIFF) di Rog’s Cafe Tomohon, kamis (14/12/17).

Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Ir Ervinz Liuw MSi melalui Sekretaris Badan Royke Tangkawarow ST MSi yang didampingi Kabid Penelitian dan pengembangan Bapelitbangda Viktor Tompodung MM menjelaskan bahwa Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) adalah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kinerja pemerintah daerah secara akurat.

Saat bersamaan, dalam sosialisasi road map TIFF Dr  Festry Liow ST MSi dosen di Institut Teknologi Minaesa sebagai salah satu tim penyusun road map TIFF menjelaskan penyusunan road map TIFF merupakan strategi dalam penyelenggaraan TIFF sehingga pelaksanaan kegiatan ini kedepan dapat mewujudkan TIFF secara mandiri dan berkelanjutan.

Terpisah, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengungkapkan bahwa evaluasi ini sangat penting dalam hal mewujudkan pemerintahan yang baik sehingga dapat meningkatkan kualitas perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah yang perlu didukung oleh ketersediaan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggung jawabkan. “Hal ini juga merupakan tujuan dari Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD)”, ujar Eman.

Kaitan dengan road map Tomohon International Flower Festifal yang merupakam agenda tahunan pemkot Tomohon, Eman mengatakan kedepan TIFF akan terus diupayakan agar sukses sesuai harapan, disisi lain berusaha agar TIFF akan terus memberi dampak kesejahteraan bagi pemerintah dan segenap masyarakat Kota Tomohon.

Penulis : Stenly L