Bawaslu Apresiasi Kemitraan Pers di Minut

Media Gathering Bawaslu Minut Sebut Pers Miliki Peranan Penting

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Membina hubungan yang baik dan kerja sama berkesinambungn dengan insan pers di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Bawaslu Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rabu (03/04/2019) mengundang sedikitnya 20 media baik Cetak, Radio, Televisi dan Online dalam kegiatan Media Gathering bertempat di RaewayaHills Airmadid Minut.

Komisioner Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu didampingi Komisioner Bawaslu Minut Rahman Ismail, SH koordinator divisi Pengawasan dan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga, tampil blak-blakan menyikapi tugas pokok dan kinerja yang harus dilaksanakan menjelang pelaksanaan pemungutan suara yang tinggal 14 hari lagi pada 17 April 2019 mendatang.
“Bawaslu sangat terbantu dengan kerja keras rekan-rekan pers, sebab disadari kami tidak memiliki kemampuan untuk menginvestigasi suatu dugaan pelanggaran baik berbentuk temauan maupun laporan, sebaik teman-teman wartawan. Untuk itulah peran penting media yang didalamnya adalah rekan-rekan pers, sangat membantu kami Bawaslu mendapatkan akses informasi bahkan ketika masa tenang sebelum pencoblosan,” jelas Pangellu.


Usai Pangellu, Rahman Ismail yang diberikan kesempatan berbicara, mengungkapkan tekad Bawaslu Minut yang terus mengedepankan transparansi dalam menyelesaikan maupun melakukan proses terhadap dugaan pelanggaran.
” Semua hasil capaian dalam proses penentuan layak tidaknya sebuah laporan atau informasi, untuk masuk dalam kategori pelanggaran dan berposes lanjut, ini kita beber secara terbuka, lewat pengumuman yang ada di sekretariat Bawaslu Minut. Hanya saja, ada beberapa bagian dari proses yang sama sekali tidak bisa dipublish, sebab dalam Bawaslu sendiri terdiri dari atas beberapa lembaga, yang memiliki kaidah sendiri dalam melaksanakan pekerjaan, namun hasil akhir tetap harus di sampaikan secara terbuka,” tegas Ismail.
Selanjutnya Ismail menyebutkan harapan Bawaslu secara umum kepada wartawan, dimana Bawaslu sebagai salah satu penyelenggara Pemilu sangat membutuhkan dukungan semua pihak, termasuk wartawan, sehingga tujuan pelaksanaam Pemilu sebagai pesta demokrasi rakyat, tepat sasaran dan berhasil, baik Pemilu Legislatif mapun Pemilu Presiden/Wakil Presiden yang dilaksanakan secara serentak. “Kami sangat mengapresiasi perhatian dari taman-teman wartawan, terutama di Minahasa Utara yang sudah memberikan kontribusi positif bagi Bawaslu dan kiranya kerjasama yang baik ini tetap berkesinambungan,” tandas Ismail yang juga berprofesi wartawan ini. (mt)