Bawaslu Minut Laksanakan Verifikasi Vaktual

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) terus melaksanakan pemantapan terhadap data pemilih dengan melaksanakan Verifikasi Vaktual (Vervak) di setiap kecamatan seluruh Minut.

Bawaslu Minut didamping Panitia Pengawas Kecamtan (Panwascam) menurut komisioner Bawaslu devisi penindakan Rahman Ismail Selasa (04/12/2018), pihaknya telah melaksanakan kegiatan ini diseluruh kecamatan yang ada. Hal ini adalah langkah untuk lebih memastikan data sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Ini harus dilakukan, sebab ada pemilih yang suami-istri dan satu rumah tapi memiliki nomor Kartu Keluarga yang berbeda, bahkan ada juga Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang digunakan lebih dari satu orang, pemilih meninggal dunia, pindah domisili maupun pemilih yang dimobilisasi dalam artian yang bukan pemilih namun diadakan sebagai pemilih,” kata Ismail.

Selanjutnya Ismail menyebutkan kegiatan Vervak ini juga untuk memastikan tidak ada lagi nama yang ganda untuk memilih saat hari pencoblosan. “Ini juga untuk memastikan penghapusan kegandaan nama pemilih yang terdapat pada DPT, kemarin kami di kecamatan Kauditan dan telah dilaksanakan kegiatan sejenis di kecamatan lain,” tutupnya sebelum bertolak ke Jakarta siang tadi dalam rangka koordinasi dengan Bawaslu Pusat. (mt)