Berbandrol 15 M, Tahun Ini Sangihe Bangun GOR Representatif

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Pemerintah Kabupaten Sangihe tetap konsisten menjamin pengembangan prestasi olahraga lewat penyediaan fasilitas yang memadai. Dan tahun 2019 ini Pemkab Sangihe melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dipora) akan membangun Gelanggang Olahraga (GOR) berbandrol Rp 15 miliar.

Hal ini dibenarkan Kepala Bidang Pemberdayaan Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sangihe Dra Aneke Daredas MPd. Dijelaskannya, GOR yang akan dibangun di Kelurahan Manente Kecamatan Tahuna tersebut, bertipe B yang merupakan bantuan Pemerintah Pusat bersumber dari Anggaran Dana Khusus (DAK).

“Pembangunan GOR memang menjadi program Dinas Pemuda dan Olahraga Sangihe tahun 2019 dalam rangka memacu peningkatan prestasi olahraga di Sangihe,” kata Daredas.

Juga dipastikan untuk realisasi pembangunan GOR akan dilakukan dalam waktu dekat, menyusul saat ini sedang dilakukan persiapan kelengkapan administrasi maupun penyesaian dokumen kepemlikkan tanah, termasuk untuk pelaksanaan tender proyek akan dipacu pertengahan tahun 2019.

“Saat ini saja sudah pada tahapan persiapan dokumen lelang dan status kepemilikkan tanah, dipastikan paling lambat bulan Juli nanti pencairan tahapan pertama sudah dapat dilakukan,”ungkapnya.

Sementara itu, upaya Pemkab Sangihe membangun GOR mendapat apresiasi pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kepulauan Sangihe. Seperti halnya yang diutarakan Ketua KONI Novilius Tampi, selama ini Kabupaten Kepulauan Sangihe masih terkendala menjadi tuan rumah sejumah iven olahraga seperti voli in door yang notanebene harus difasilitasi GOR yang representif, sehingga ketika di Sangihe akan dibangun GOR, dengan sendirinya peluang untuk menggelar kegiatan olaharaga yang menghadirkan peserta dari luar daerah akan sangat terbuka.

“Apalagi kedepan Kabupaten Sangihe sudah berencana akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), sehingga dengan adanya GOR yang representatif akan memudahkan dipertandingkan jenis olahraga yang berstandar nasional,”ujar Tampi.

Sementara terkait dengan pelaksanaan Porprov ke 10 Tahun 2019 yang akan berlangsung di kota Bitung, Tampi juga memastikan Sangihe tetap akan mengambil bagian, hanya saja kemungkinan untuk cabang olahraga yang diikutkan akan diciutkan dari sebelumnya 17 cabang saat pelaksanaan Porprov 9 di Tondano.

“Dalam waktu dekat akan ada rapat kerja KONI terkait Porprov Bitung, nantinya kita akan evaluasi cabang yang akan diikutkan pada Porprov, lebih dikhususkan untuk cabang olahraga yang berprestasi,”pungkas Tampi. (allen)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================