Betambah 1 Kasus Baru, Terkonfirmasi Positif Covid-19 Di Tomohon Jadi 201 Kasus

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Kasus Konfirmasi Positif di Kota Tomohon kembali bertambah lagi 1 kasus baru, sehingga total jumlah Kasus Konfirmasi Positif tercatat sebanyak 201 kasus, Hal ini disampaikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah kota Tomohon dalam pers release Senin (28/7/2020).

Melalui Ketua Tim juru bicara gugus tugas Yelly Potuh SS mengungkapkan, berdasarkan informasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang telah diverifikasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kota Tomohon, maka Kasus Konfirmasi Positif di Kota Tomohon kembali bertambah 1 kasus baru, sehingga total jumlah Kasus Konfirmasi Positif menembus angka 201 kasus yang tersebar di semua Kecamatan yang ada di Kota Tomohon, terdiri dari 14 orang sedang dirawat di RS, 63 orang sedang dirawat mandiri di rumah, 115 orang sembuh selesai isolasi, dan 9 orang meninggal dunia.

“Pasien yang sembuh masih harus menjalani isolasi mandiri minimal 14 hari sejak dinyatakan Negatif berdasarkan hasil Swab Test” Ucap Potuh.

Dikatakan pula bahwa kasus Suspek dilaporkan bertambah 1 kasus baru, sehingga total jumlah Kasus Suspek di Kota Tomohon kini tercatat sebanyak 18 kasus.

Disampaikan pula kepada masyarakat Kota Tomohon bahwa status seorang pasien sebagai Suspek berdasarkan diagnosis awal belum berarti yang bersangkutan Positif COVID-19, namun sebagai upaya pencegahan maka pasien tetap ditangani sesuai protokol COVID-19 sebelum diterimanya hasil Swab Test.

“Kita selalu berharap hasil Swab Test pasien adalah Negatif, namun jika pun hasilnya Terkonfirmasi Positif maka pasien sudah ditangani sesuai protokol yang berlaku” Kata Potuh.

Selanjutnya di sampaikan pula data terkini penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Tomohon yakni Pelaku Perjalanan (PP) sebanyak 1647 orang, Suspek 18 Kasus dengan rincian Suspek rawat mandiri 6 orang, dirawat di RS 7 orang, suspek meninggal dunia yang sementara menunggu hasil swab tes kedua 5 orang.

Kontak Erat yang sementara menjalankan isolasi mandiri sebanyak 603 orang dengan sebaran 98 orang dari Tomohon Utara, 184 orang dari Tomohon Timur, 120 orang dari Tomohon Tengah, 176 orang dari Tomohon Barat, dan 25 orang dari Tomohon Selatan.

Agar pandemi ini segera berlalu, Gugus tugas juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, lalu secara bersama-sama kita lawan serta putuskan mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Tomohon dengan cara tetap mematuhi maklumat dan himbauan pemerintah dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti menghindari kerumunan atau berkumpulnya orang dalam jumlah banyak baik di dalam maupun di luar ruangan, termasuk di lokasi perkebunan yang jauh dari pemukiman warga, menjaga jarak dan menghindari kontak fisik dengan orang lain, selalu menggunakan masker dengan benar saat beraktifitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, tidak menyentuh bagian wajah terutama mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan, tingkatkan imunitas tubuh dengan cara makan makanan yang bergizi, mengkonsumsi vitamin seperlunya, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, dan berpikir positif, terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (SLY)