BPN Minut Serahkan 218 Sertifikat PTSL di Matungkas

DIMEMBE, beritanusantara.co.id – Sebanyak 218 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL), telah diserahkan ke warga desa Matungkas kecamatan Dimembe kabupaten Minahasa Utara (Minut) oleh Badan Pertanahan Negara (BPN), sejak Selasa 15 Oktober 2019 silam. 

Penyerahan ini diungkapkan Penjabat Hukum Tua Desa Matungkas Hanny Dirk, pada wartawan Kamis (17/10/2019) ketika ditemui di kantor Bupati Minut.
“Kepala BPN pak Sammy Dondokambey yang menyerahkan langsung sertifikat warga di kantor desa. Ini adalah hasil kerjasama antara kami sebagai pemerintah desa dengan Badan Pertanahan Negara (BPN) Minut, guna pembenahan administrasi pertanahan,” kata Dirk.
Lebih jauh dikatakan Hukum Tua Dirk, program pembuatan  sertifikat tanah ini, selain pembenahan administrasi pertanahan di Matungkas, juga bermanfaat kepada warga untuk memperoleh  kepastian hukum atas hak kepemilikan bidang tanah yang mereka miliki saat ini. Ketika belum adanya kepastian  hukum, maka sering menjadi memicu terjadinya sengketa bahkan  perseteruan atas lahan yang dimiliki warga dan berakibat lebih luas terhadap stabilitas keamanan dan ketertiban di desa.
“Dahulu program sertifikat dikenal dengan prona, tapi saat ini ada program baru dari BPN yakni PTSL,” jelas Hanny.
Selanjutnya Dirk mengatakan, berdasarkan sosialisasi disebutkan program PTSL ini adalah salah satu terobosan, terkait keluhan lambannya proses pembuatan sertifikat tanah yang selama ini dan kemudian menjadi perhatian serius pemerintah.
“Untuk PTSL ini sengaja diluncurkan Kementrian ATR/BPN yang dituangkan dalam Permen nomor 12 tahun 2017 tentang PTSL, sebab jika menggunakan metode pendaftaran sporadic waktu yang dibutuhkan akan lama,” tandas Dirk. (mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================