Bupati Mewoh cek langsung keberhasilan pembangunan setiap desa di wilayah Sonder

MINAHASA, beritanusantara. co. id –– Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA, hari ini, Jumat (13/4) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kecamatan Sonder yang berpusat di Balai Desa Leilem. Kunker Bupati Kali ini bertujuan untuk mensinergikan program Pemerintah hingga ketingkat desa dan kecamatan.
Dalam sambutannya Penjabat Bupati Minahasa menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka bertatap muka dengan para Hukum Tua, perangkat serta tokoh agama dan masyarakat dalam rangka kordinasi dan melihat langsung Program yang dilaksanakan apakah berkesinambungan dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan sampai ke desa.
” Tingkat kesejahteraan masyarakat tergantung dari kita semua. Kekompakan dan sinergitas harus dijaga. Program lintas kementerian yang telah disampaikan kepada masyarakat diantaranya program desa, dana di Kecamatan Sonder kurang lebih 19 Milyar khusus untuk desa atau pelaksanaan Dana tersebut yaitu 2 program besar yakni, infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat,” kata Mewoh
Kegiatan ini lanjut Mewoh, harus melibatkan semua masyarakat termasuk tenaga kerja dari desa, pemberdayaan masyarakat ada bumdes dalam rangka pemanfaatan dana desa. Apabila banyak kegiatan di Bumdes akan memberikan sumbangan terhadap PAD untuk digunakan sebagai peningkatan kesejahteraan, Pak menteri menyampaikan bahwa ada 1 desa yang hasil bumdes dalam 1 tahun dapat menjadi 1M karena inovasi yang dilakukan.
“Mari kita sama-sama mejalankan pembangunan di desa yang adalah tanggung jawab bersama. Ujung tombak Pemerintahan kabupaten Minahasa adalah desa.”
Lebih lanjut, mari kita sama – sama membangun Minahasa lebih khusus di kecamatan atau desa kita. Sukseskan semua program.
” Pemanfaatan dana desa harus dilakukan sesuai kebutuhan sesuai mekanisme yang ada,” Pungkasnya
Bupati saat kunker di dampingi pejabat antara lain Asisten Pemerintahan dan Kesra DR Denny Mangala MSi, Asisten Adm Umum Hetty Rumagit SH, Anggota DPRD Minahasa Synthia Keintjem, Camat Sonder Drs Rouldy Mewoh, Kapolsek, Jajaran Pemerintah Kab Minahasa, para Hukum Tua, Tokoh agama dan tokoh masyarakat se Kecamatan Sonder.