Bupati RHM menghadiri keduakaan  di Kanonang Satu

MINAHASA, beritanusantara. co. id  – Sebagai wujud empati bagi masyarakat yang ditimpa dukacita, Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA datang melayat di dua rumah duka yang masing-masing berlokasi di Desa Kanonang Satu, Kawangkoan Barat, Kamis (22/3).

Bupati bersama romnongan awalnya melayat di rumah duka Almarhumah Santje Marce Poli-Rawis yang diketahui merupakan mantan guru dan mantan Ketua PKK Desa Kanonang Satu dan Kanonang Tiga. Pelayatan diawali dengan ibadah dan doa yang dipimpin Pdt Toar Dotulong, S.Teol.

Dalam sambutannya, Mewoh turut memberikan penguatan iman kepada keluarga yang berduka. “Keluarga yang ditinggalkan harus berbangga. Almarhumah dulunya seorang guru, tentu selama hidupnya sudah banyak memberikan hal yang berguna baik bagi keluarga maupun masyarakat,” ungkap Mewoh.

“Berduka merupakan ekspresi yang lazim bagi kita manusia, tapi jangan larut didalamnya. Sebab Firman berkata bahwa Allah adalah setia dan Dia tidak memberikan cobaan kepada umat-Nya melampaui kekuatan yang dimiliki,” tutur Mewoh mengutip Firman Tuhan dalam 1 Korintus 10:13.

Penjabat Bupati bersama rombongan kemudian melanjutkan pelayatan ke rumah duka Almarhumah Vike Meruntu-Kasenda yang lokasinya berdekatan. Dihadapan keluarga berduka, Mewoh menyebut kematian merupakan peristiwa yang tak dapat dihindari semua manusia.

“Sebagai manusia yang fana kita semua pasti akan mengalami hal yang sama, hanya saat ini Almarhumah mendahului kita. Namun dalam iman harus kita amini bahwa Almarhumah telah menyelesaikan pertandingannya,” tutur Mewoh.

Dia mengajak keluarga berduka untuk mengimani bahwa peristiwa ini adalah peristiwa iman. “Bahkan seorang nabi Ayub dalam kesusahannya hanya berserah dan berkata Tuhan yang memberi Tuhan yang mengambil, terpujilah nama Tuhan. Itu merupakan sikap iman orang percaya,” kata Mewoh sambil menyampaikan rasa dukacita yang mendalam dari segenap jajaran Pemkab Minahasa.

Pada kesempatan itu Penjabat Bupati turut memberikan diakonia duka kepada keluarga yang ditinggalkan.
Sementara Bupati didampingi Kabag humas dan Protokol Setdakab Minahasa Drs Moudy Pangerapan MAP, Camat Kawangkoan Barat Eigthmi Moniung dan Camat Kawangkoan Dra Meike Rantung.