Bupati ROR Sampaikan Permohonan Bantuan Lab dan PCR Mobile COVID-19 ke Kemenkes

JAKARTA, beritanusantara.co.id – Menindaklanjuti permohonan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, soal bantuan Laboratorium dan PCR Mobile, Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, sambangi Kantor Kementerian Kesehatan Repoblik Indonesia (Kemenkes-RI) di Jl HT Rasuna Said Jakarta Selatan, (26/08).

Kedatangan Bupati ROR disambut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi MEpid, serta Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM), sekaligus Plt Dirjen Pelayanan Kesehatan (Yankes), Prof dr Abdul Kadir Phd SpTHT-KL(K).

Bupati mengatakan, kunjungan kali ini untuk menindaklanjuti permohonan bantuan Pemkab Minahasa terkait pengadaan Mobile PCR dan perencanaan Laboratorium RT-PCR, serta cartridge untuk alat TCM-TB, yang sementara waktu dipinjam bagi pemeriksaan SWAB untuk memeriksa COVID-19.

“Selama beberapa bulan ini kita sudah memaksimalkan apa yang menjadi tugas kita terkait penanganan COCID-19, tetapi di Minahasa masih ada juga penambahan kasus positif. Karena itu, kita terus meningkatkan dan secara intens melakukan surveilans, baik lewat rapid maupun SWAB test,” terang Bupati.

Lanjut kata Bupati, waktu tunggu hasil SWAB test saat ini masih termasuk lama, karena memakan waktu dua minggu sampai sebulan. Sehingga, dikuatirkan virus bisa terus menyebar apalagi melalui Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Karena itu kami terus mengupayakan agar ada PCR Mobile dan kami bisa mengadakan Laboratorium RT-PCR di Minahasa yang permohonannya sudah disampaikan beberapa waktu lalu dan harus ditindaklanjuti,” jelas Bupati, yang kebetulan sehari sebelumnya bisa bertemu Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto, saat dalam perjalanan ke Jakarta, yang kemudian menindaklanjutinya kepada Direktur sesuai petunjuk Menkes.