Bupati Sangihe Dukung Perdagangan Lintas Negara Tetangga Filipina

Hits: 57

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Terobosan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang akan membuka perdagangan lintas batas dengan negara tetangga Filipina, mendapat dukungan dari Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) RI.

Dukungan plus apresiasi tersebut disampaikan langsung Konsulat Jendral (Konjen) RI untuk Davao City Filipina, Dicky Febrian, saat berkunjung ke Sangihe Jumat (10/4) lalu. Dihadapan Bupati dan pimpinan OPD terkait, Dicky Febrian, menyampaikan apresiasi kepada Bupati Gaghana yang dengan gigih memajukan perekonomian masyarakat petani dan nelayan Sangihe, dengan menjajaki kerja sama perdagangan antara Pemkab Sangihe dengan pemerintah General Santos (Gensan) City Filipina.

“Saya datang ke Sangihe sebagai bentuk respon baik dari Kemenlu RI atas keinginan Pak Bupati yang hendak membuka perdagangan lintas batas antara Pemkab Sangihe dengan Pemerintah Kota General Santos, ”ujar Dicky Febrian.

Respon baik dari Kemenlu RI atas terobosan Pak Bupati ini telah diaplikasikan dengan pembentukan Tim pengkajian usulan terobosan Pemda Sangihe dan datang langsung ke Sangihe untuk melihat kesiapan Infrastruktur pedukung Perdagangan Bilateral antara Sangihe dengan Gensan City dan juga sebagai bentuk Komitmen Kemenlu RI yang telah merespon dengan baik usulan yang disampaikan pak Bupati saat bertemu dengan Wamenlu di Jakarta tanggal 23 Maret 2021 lalu

Sementara itu, di hadapan Konjen Dicky Febrian, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, menyampaikan salut serta terima kasih atas respon baik Kemenlu yang telah membentuk tim pengkajian dan datang ke Sangihe untuk mengkaji usulan pemerintah daerah yang hendak membuka perdagangan lintas batas dengan negara tetangga Filipina.

“Terima kasih banyak atas respon pemerintah pusat dalam hal ini Kemenlu RI yang telah menindaklanjuti usulan pemerintah daerah yang berniat membuka perdagangan lintas batas antara Sangihe dengan Gensan City Filipina. Buktinya, pak Dicky Febrian selaku Konjen RI di Davao, Filipina sudah datang langsung ke Sangihe,” ujar Gaghana.

Bupati Jabes Gaghana bahkan telah menyampaikan kepada Konjen RI di Davao, DickyFebrian bahwa salah satu sarana penunjang transportasi laut adalah kapal KM Tampungang Lawo yang kini dioperasikan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Saya telah menyampaikan kepada pak Konjen, bahwa pemerintah daerah memiliki kapal KM Tampungang Lawo, yang nantinya akan dijadikan sarana transportasi laut untuk mengangkut produk yang akan dijual ke Gensan City, seperti kopra, pala serta hasil perikanan berupa ikan tuna dan jenis ikan lainya. Ini akan sangat menguntungkan bagi para petani dan nelayan, karena harga jual komoditas ke Gensan Filipina akan lebih tinggi,” terang Gaghana.

Jabes Gaghana bahkan langsung mengajak Konjen Febrian untuk melihat langsung KM Tampungang Lawo yang berada di Pelabuhan Perikanan Dagho. Selain menaiki dan melihat kondisi kapal yang masih sangat bagus itu, Konjen juga diajak meninjau aktivitas di perusahaan perikanan Dagho yang melakukan pengiriman ikan ke berbagai daerah dan luar negeri.

” Petani dan nelayan Sangihe, Sitaro dan Talaud memiliki nilai tawar rendah, selama ini hasil laut dan bumi dibeli dengan harga murah. Karena harus dikirim ke Bitung, Surabaya dan Jakarta, baru dikirim ekspor, ” ungkap Gaghana.

Sedangkan barang-barang modal, seperti alat pertanian dan tangkap ikan di Sangihe lebih mahal dibandingkan daerah lain. Dengan membuka perdagangan lintas batas (Border Cross Area) antara Sangihe dan Filipina, masyarakat petani dan nelayan di kawasan perbatasan lebih sejahtera.

Dalam kesempatan itu, Konjen Febrian mengajak kepada pimpinan instansi vertikal, Imigrasi, Bea Cukai, Gaghana bersama istansi vertikal dari Imigrasi, Bea Cukai, Karantina, PDSKB untuk mendukung terobosan Pemkab Sangihe ini lewat kewenangannya masing-masing menyangkut dokumen perijinan dalam perdagangan lintas batas antara Sangihe dengan Gensan City Filipina.

Sinergitas antara Pemkab Sangihe dengan instansi vertikal, sangat dibutuhkan demi terwujudnya perdagangan lintas batas yang sudah bertahun-tahun didambakan masyarakat Sangihe. Kemenlu RI mendukung upaya pemerintah Kabupaten Sangihe yang tujuannya untuk kesejahteraan seluruh masyarakat di daerah perbatasan NKRI ini,” pungkas Febrian (allen)