Bupati VAP Awali UNBK di SMPN I Airmadidi

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Vonnie Aneke Panambunan (VAP) didampingi Kapolres Minut AKBP Alfaris Patiwael serta Sekdakab Minut Ir Jemmy H Kuhu, Senin (23/04/2018) secara resmi membuka Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri I Airmadidi. 
VAP serta pejabat lainnya, berkesempatan memantau pelaksanaan UNBK di tiga ruangan yang ada.

Namun sayangnya saat hendak melakukan input token agar tersambung dengan server pusat layanan UNBK, terjadi kendala jaringan yang tidak bisa terbuka. Meski demikian VAP tetap memberi support dan dorongan semangat kepada para peserta yang telah siap di depan komputer dan laptopnya.

“Anak-anak sudah berdoa kan? Saya percaya anak-anak sudah siap, karena anak-anak di Minut hebat-hebat,” tukas Bupati Panambunan kepada peserta, yang mengaku untuk mengikuti UNBK ini mereka telah tiga kali mengikuti simulasi.

Usai memberikan semangat pada anak-anak peserta UNBK Bupati VAP dan rombongan yang terdiri dari Asisten II Drs Alan Mingkid, Kaban Bapelitbang Arnolus Wolajan SSTP, Kadis Capilduk Susana Katuuk, Sekretaris Diknas Olfy Kalengkongan S.Pd MMPd meninjau dua ruangan lainnya yang digunakan peserta.

Server layanan UNBK kemudian baru bisa terbuka pada pukul 10.00 Wita setelah Bupati dan rombongan meninggalkan lokasi ujian.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Sofitje Wolajan SE MM mengatakan untuk Minut sebanyak 11 SMP/MTS melaksanakan UNBK dengan jumlah peserta 822 siswa. Kemudiaan yang mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) ada 62 SMP/MTS dngan peserta 2558 siswa siswi. 

“Untuk UNBK dimulai pada pukul 7.30 wita, sementara untuk UNKP pada pukul 11.00 Wita. Memang ada sedikit kendala terkait jaringan unuk koneksitas ke pusat layanan namun hal itu dapat diatasi kemudian. Hal inipun dibenarkan oleh petugas yang ada,” jelas Wolajan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Sekolah SMPN I Frederika Tasiam S.Pd S.Th dimana semua perangkat jaringan serta komputer yang telah disiapkan tidak bermasalah.

“Sebelumnya server UNBK pusat yang tidak bisa diakses, dan hal ini bukan hanya terjadi di sini, tetapi juga terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Tapi pada pukul 10.00 akhirnya bisa berjalan lancar. UNBK ini dibagi dalam 3 sesion yang dilaksanakan sampai dengan pukul 16.00, mudah-mudahan besok dan seterusnya kami bisa memulai tepat waktu, yaitu pukul 7.30,” jelas Tasiam. 

Sementara itu terpisah pada pukul 11.00 wita, Bupati VAP yang diwakili oleh Staf Ahli Berty Ngangi yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sofitje Wolajan dan Sekretaris Dinas Pendidikan Nasional Olfi Kalengkongan S.Pd MMPd secara simbolis juga resmi membuka UNKP Minut di SMPN I Kolongan Kalawat. 

Saya harapkan anak-anak peserta UNKP ini tidak grogi dalam mengisi soal, kerjakan yang mudah dulu dan sebelumnya berdoa dulu,” pesan Ngangi yang didampingi Kadis serta Kepsek SMPN I Kolongan Kalawat Sherly Dayoh M.Pd. 

Baik UNBK dan UNKP yang dilaksanakan serentak yang akan berlangsung sampai kamis dengan jadwal.(mt/adv)