Bupati VAP Gembira, Minut Kebagian 141 Formasi CPNS 2019

“Besar harapan saya, nantinya Putra/Putri terbaik bangsa dan khususnya Putra/Putri terbaik Kabupaten Minahasa Utara, dapat berkompetisi dan memenuhi lini strategis dalam pemerintahan sebagai generasi milenial menuju Birokrasi 4.0, dalam memajukan Kabupaten Minahasa Utara kedepan,” kata VAP.

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Memasuki penghujung tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) bakal menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan kuota 141 kursi, yang adalah terbesar jatahnya se-Sulawesi Utara.

Penerimaan CPNS Minut ini dipastikan, menyusul diterimanya Dokumen Formasi CPNS Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2019 yang tertuang dalam Surat Keputusan Menpan RB Nomor 345 Tahun 2019 tentang penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil  di Lingkungan Kabupaten Minahasa Utara, oleh BKPP Pemkab Minut di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).

Dokumen ini diterima Kepala Bidang Perencanaan dan Pembinaan Aparatur Asriyadi Lalompoh, SSTP, MAP dan Kasubid Pengadaan dan Pemberhentian Aparatur Lidya Warouw, ST, ketika mewakili Kepala BKPP,  dalam Rapat Koordinasi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019, dengan formasi yang direkrut yakni Tenaga Pendidik 26 kursi, dengan nama jabatan pendidikan Agama Kristen, Guru Bahasa Inggris, PGSD, Matematika. Kemudian tenaga kesehatan berjumlah 64 formasi dengan nama Jabatan Apoteker, Bidan, Dokter Spesialis, Kesehatan Masyarakat, Perawat NERS, D-III Bidan, D-III Keperawatan, serta Tenaga Teknis berjumlah 51 formasi yang terdiri dari Dokter Hewan, Penyuluh Pertanian, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi, Perikanan dan Kelautan, Transportasi Darat dan Laut, Hukum, Teknik Informatika.

Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, S.Th, kepada wartawan menyatakan dirinya gembira dan sangat bersyukur kepada Tuhan, dan berterima kasih atas kesempatan sehingga dipercayakan oleh Pemerintah Pusat melalui pengadaan CPNS Tahun 2019 ini.

“Besar harapan saya, nantinya Putra/Putri terbaik bangsa dan khususnya Putra/Putri terbaik Kabupaten Minahasa Utara, dapat berkompetisi dan memenuhi lini strategis dalam pemerintahan sebagai generasi milenial menuju Birokrasi 4.0, dalam memajukan Kabupaten Minahasa Utara kedepan,” kata VAP.

Secara terpisah Sekretaris Daerah Ir.Jemmy H Kuhu, MA juga menyampaikan terimakasih atas kerja sama yang baik seluruh tim kerja lintas Perangkat Daerah, sehingga bisa merampungkan ANJAB ABK dan Peta Jabatan Pemerintah Kabupaten Minasaha Utara yang berujung pada tersedianya Formasi yang terbilang sangat banyak dibanding dengan Kabupaten/Kota lain di Sulawesi Utara.

Kepala Badan Kepegawaian serta Pendidikan dan Pelatihan Styvi S. Watupongoh, SIP, menyebutkan formasi yang diperoleh tersebut, berdasarkan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja serta Peta Jabatan dari semua Perangkat Daerah yang disusun oleh Tim Bagian Organisasi.

Ditambahkan Watupongoh, pengadaan CPNS Tahun 2019 ini sinkron dengan makalah Presentasi dalam Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama BKPP Kabupaten Minasaha Utara yaitu : “Manajemen Talenta Institusional ciptakan SMART ASN menuju Birokrasi 4.0” dan Selaras dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara. Dimana ukuran visi dan misi tersebut adalah kesuksesan pada sektor Agribisnis, industri dan pariwisata, tentu saja ketiganya membutuhkan SDM yang mumpuni.

“Pemerintah sebagai penggerak dan regulator harus bertindak melalui elemen ASN dengan meningkatkan kualitas ASN sebagai pelayan masyarakat, dibentuk menjadi SMART ASN yang dimulai dari generasi milenial, sehingga tujuan menciptakan Good Governace terwujud disertai dengan tugas Pelayanan Publik yang maksimal,” katanya.

Selanjutnya Watupongoh menjelaskan, target poin dari Pemerintah Pusat dalam perencanaan dan perekrutan ASN adalah menciptakan SMART ASN dengan ciri-ciri Berintegritas, Nasionalisme, Profesionalisme, Wawasan Global, Menguasai IT dan Bahasa Asing, Hospitality, Networking dan Entrepreneurship. “Hal-hal diatas juga dimaksudkan untuk mengsukseskan program Nawacita ke-3 Presiden Jokowi yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, sehingga masyarakat Minahasa Utara mampu bersaing secara global di Era 4.0” tutup Kaban. (mt)

141 Formasi CPNS dan terbagi atas : 

Tenaga Pendidik 26 kursi

  • Nama jabatan : Pendidikan Agama Kristen, Guru Bahasa Inggris, PGSD, Matematika;

Tenaga Kesehatan 64 Kursi

  • Nama Jabatan : Apoteker, Bidan, Dokter Spesialis, Kesehatan Masyarakat, Perawat NERS, D-III Bidan, D-III Keperawatan;

Tenaga Teknis 51 Kursi

  • Nama Jabatan : Dokter Hewan, Penyuluh Pertanian, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi, Perikanan dan Kelautan, Transportasi Darat dan Laut, Hukum, Teknik Informatika.

Sumber : BKPP Minut

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================