Bupati VAP Ingatkan Warga Waspadai Cuaca Ekstrim

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Terjadinya cuaca ekstrim dengan tingginya intensitas curah hujan yang berpotensi terjadinya bencana banjir bandang dan tanah longsor, membuat kekhawatiran tersendiri bagi Bupati kabupaten Minahasa Utara (Minut), Vonnie Anneke Panambunan, STh.

Di Airmadidi, Rabu (02/05/2019), melalui Kabag Humas dan Protokoler DSetdakab Minut Chresto F Palandi, SSTP, MSI,  bupati mengingatkan, kepada seluruh warga Minut agar menghindari daerah-daerah rawan bencana seperti di pinggiran sungai, tebing, pinggiran pantai serta lokasi rawan bencana lainnya.

“Saya mengingatkan seluruh warga Minut, meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati, lebih khusus warga yang tinggal di wilayah rawan bencana banjir dan tanah longsor, sehingga dapat menghindari jatuhnya korban jiwa, ketika bencana itu terjadi. Saat ini curah hujan cukup tinggi di Minut,” kata Palandi

Selanjutnya berdasarkan petunjuk bupati, Palandi mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemerintah, untuk memerangi sampah yang juga dapat menjadi salah satu penyebab banjir. “Jika kita tidak membuang sampah sembarangan, dalam saluran air misalnya, kita sudah membantu diri sendiri dan pemerintah, dalam hal mengatasi banjir yang berpeluang terjadi,” ujar putra Tombariri ini.

Bupati, kemudian melanjutkan himbauannya bagi pengendara kendaraan baik roda dua maupun lebih, untuk berhati-hati ketika sedang berada di jaklan raya yang licin dan berpeluang terjadinya pohon tumbang dan mengakibatkan kecelakaan.

“Kita semua dalam menghadapi cuaca dan kondisi alam saat ini, perlu meningkatkan kewaspadaan. Bupati sudah perintahkan seluruh instansi terkait mulai dari tingkat kabupaten hingga hukum tua, agar memantau kondisi wilayah masing-masing, tingkatkan koordinsi antar intansi pemerintah kabupaten. Harus tetap melaksanakan laporkan perkembangan kondisi di setiap wilayah masing-masing,” tegasnya. (mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================