Bupati VAP Lantik 809 Anggota BPD se-Minut

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – 809 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang tersebar pada 119 Desa di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dilantik Bupati Minut Vonnie Annke Panambunan S.Th (VAP), untuk periode 2019-2025, Senin (29/07/2019) di pendopo kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minut.

Bupati ketika membawakan sambutan pelantikan, mengatakan seluruh anggota BPD yang dilantik hari ini, untuk bekerja secara maksimal sesuai tugas dan fungsi sebagai perwakilan di desa.

“Kita semua patut bersyukur karena pelantikan BPD dapat dilakukan hari ini dengan baik. Dan saya berharap yang dilantik sebagai anggota BPD untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik sehingga apa yang menjadi tujuan pembentukan BPD di setiap desa ini, dapat tercapai dengan baik,” kata Bupati VAP.

Lebih lanjut dikatakan bupati, dirinya mengharapkan siregitas antara BPD dan pemerintah yang ada di desa. Pembangunan dapat berjalan denan baik jika BPD dan Hukum Tua yang ada dapat bekerja sama. Anggota BPD saya yakin merupakan figur-figur terbaik dan asset di desa masing-masing.

“BPD ketika melaksanakan tugas, ini sama dengan DPRD tingkat tiga. Sehingga tentunya harus memiliki kemampuan untuk menjalankan fungsi, sekaligus dapat bersinergi dengan Hukum Tua serta perangkat desa. BPD dapat mengawasi tetapi bukan untuk mengintervansi kebijakan di desa, sebab semua keputusan yang ada harus melalui musyawarah dan mufakat dengan menitik beratkan kemajuan kemajuan desa masing-masing yang kedepan tentunya untuk kemajuan kabupaten Minahasa Utara,” tandas VAP.

Sementara itu, Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD) Bobby Nayoan SH, menjelaskan ada beberapa BPD yang belum dilakukan pelantikan dengan alasan beragam dan rencananya nanti dilantik pada bulan September 2019 mendatang.

“Ada yang tidak dilantik sekarang dan nanti dilantik September seperti di Kecamatan Airmadidi yakni desa Tanggari, Sawangan dan Sampiri, untuk Desa Watudambo II masa jabatan nanti berakhir tahun 2020. Kemudian untuk desa Kima Bajo dan Nain di Wori, dan Wineru di Liktim yang masih bermasalah, namun tetap akan didorong untuk juga dilantik bulan September,” beber Nayoan.

Hadir dalam pelantikan ini, wakil ketua DPRD Minut Drs Denny Wowiling Msi, Asisten I dr. Jane Symons MKes, Asisten II Drs Allan Mingkid, dan Asisten III Drs Rivino Dondokambey serta staf ASN. (mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================