Bupati VAP Panen Perdana Padi Sawah di lokasi CSB Kodim 1310/Bitung Desa Paslaten

Dikelolah Kelompok Petani Sawah Binaan TNI Kodim 1310/Bitung

KAUDITAN, beritanusantara.co.id – Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan didampingi Komandan Kodim (Dandim) 13/10 Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos beserta jajaran Pemkab Minut, Jumat (08/06/2018) melaksanakan panen perdana padi sawah di desa Paslaten Kecamatan Kauditan, yang merupakan salah satu lokasi Cetak Sawah Baru (CSB) program TNI dibawah komando Kodim 1310/Bitung yang bekerjasama dengan dinas Pertanian Minut dan disertai demonstrasi alat perontok padi.

Dalam sambutannya, bupati menyebutkan rasa syukur dan berterima kasih kepada TNI khususnya Kodim 1310/Bitung yang telah bersama-sama membantu pemerintah daerah, di bidang pertanian. “Minut adalah daerah yang diberkati, apalagi dengan bantuan TNI yakni Kodim Bitung yang telah memberikan sesuatu yang berguna bagi peningkatan kesejahteraan rakyat dengan program Cetak Sawah Baru yang hasilnya sudah dapat dinikmati oleh petani yang ada di Minut, seperti di Paslaten ini,” kata VAP.

Dalam sambutan terpisah Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos menyebutkan rangkaian program cetak sawah baru ini, adalah bentuk nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat, khususnya memajukan kesejahteraan petani lewat pengelolahan padi sawah dan hasilnya sudah dapat dinikmati.

“Ketahanan pangan merupakan program pemerintah, dan kami TNI juga merasa memiliki tanggung jawab untuk menyukseskannya dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan nyata untuk mendukung petani dalam peningkatan kesejahteraan,” ujar Kusnandar.

Sementara itu, Kadis Pertanian Minut Ir. Jan Sinaulan menyebutkan petani Minut samgat terbantu, sebab ada beberapa wilayah yang sudah dilakukan program CSB dan sudah berhasil melakukan panen, termasuk di desa Paslaten dengan luas sawah yang digarap kelompok tani adalah 6 hektar.

“Kegiatan CSB ini berkelanjutan, sebab juga akan dilakukan kegiatan serupa pada Juli mendatang. Kelompk Tani yang telah dibentuk, akan mendapat lahan sawah untuk digarap, juga bantuan benih dan pupuk serta pengarahan dari tenaga tenis pertanian yang ada,” ujar Sinaulan.

Selanjutnya kadis menyebutkan target capaian produksi padi untuk program ini adalah 6 ton gabah kering giling untuk setiap hektar lahan sawah yang dikelolah. “Untuk Minut sendiri menerima bantuan program ini dari TNI sejak bulan Januari hingga bulan Mei untuk lahan cetak sawah seluas 150 Hektar di 6 Kecamatan dan sudah berproduksi,” tandas Kadis.

Dalam rangkain kegiatan itu, turut diserahkan bantuan benih Jagung berjenis P35 kepada, Ketua Gapoktan Klanklan, Ketua Poktan Tamporok, Ketua Poktan Berkat Jaya serta Tokoh Masyarakat. Untuk benih tanaman hortikultura yakni Cabe, Tomat, Bawang diserahkan kepada Hukumtua Paslaten.

Selain bupati Minut dan Dandim 1310 Bitung, kegiatan panen perdana Padi sawah program CSB TNI, juga dihadiri Asisten 1 Pemkab Minut Revino Dondokambey,  Asisten 2 Pemkab Minut Drs. Allan Mingkid, Danramil 1310-06/Airmadidi Mayor Inf Gusnawan MK, Perwira Penghubung Minut Mayor Inf Richard Pusung, Pasiter Kodim 1310/Btg Lettu Inf Fredrik Liwutang, Plh Danramil 1310-05/Kauditan Pelda Edizon Kasenda, Kadis Pertanian Minut Ir. Yan Sinaulan, Camat Kauditan Marto Rasubala, S.Sos, Para Hukum Tua se- Kecamatan Kauditan serta Para Gapoktan Desa Paslaten. (mt/Humas Kodim/Humas Pemkab)