Camat Warbung Pantau Penjaringan Perangkat Desa di Wilayah Kalawat

KALAWAT, berita Nusantara co.id – Setelah melaksanakan serah terima jabatan sebagai Camat Kalawat, Selasa (25/062019) Camat Kalawat Alexander Warbung SIP langsung action dengan melakukan monitoring terhadap perkembangan desa yang ada di Kecamatan Kalawat. 

Ditandai Rabu (26/06/2019) Warbung ditemani Sekcam Kalawat Iwan Senduk MSi dan beberapa staf kecamatan, mengunjungi Kantor Desa Kolongan Tetempangan (Koltem). Warbung disambut Hukum Tua Desa Demas Kasegel, Sekdes Frida Wehantouw S.Sos, Ketua Tim Penjaringan Perangkat Desa Dra Renny Theodora Onthoni MM, Sekretaris Evie Enoch dan anggota Sano Pangerapan.
Terkait penjaringan dan seleksi perangkat desa Camat Warbung mengingatkan agar dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.
“Harus mengacu pada perda dan perbup sebab hal ini menyangkut peanggaran yang nantinya akan ditetapkan pemerintah melalui penghasilan tetap yang mulai berlaku per 1 januari 2020 nanti,” terang Warbung.
Hal ini untuk menghindar dari kesalahan administrasi yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Pemerintah desa dan Tim Penjaringan tidak usah sungkan untuk berkonsultasi dengan pemerintah kecamatan ataupun dinas terkait, dalam hal ini Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).
Terpisah Kepala Dinas Sosial-PMD Minut melalui Kabid PMD Dolly Kenap SH MH mengatakan penjaringan,pemilihan dan pengangkatan perangkat desa di Minut harus mengacu pada Perbup nomor 17 tahun 2019 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa yang merupakan aplikasi dari Perda nomor 4 tahun 2016.
“Ada tujuh item utama sebagai syarat untuk mendaftar sebagai perangkat desa menurut Perbup nomor 17 ini, salah satunya berumur paling rendah 20 tahun dan maksimal 42 tahun bagi yang belum pernah menjabat,” pungkas Kenap.
Hukum Tua Demas Kasegel bersama Tim Penjaringan mengaku berterima kasih atas atensi yang sudah diberikan kepada Pemdes Koltem khususnya Tim Penjaringan Perangkat Desa.
“Hal ini tentunya dapat menambah semangat kerja bagi Tim yang sudah dipercayakan melalui SK Hukumn Tua,” pungkas Ketua Tim Penjaringan Renny Onthoni. (mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================