Cincin Emas” Tanda Akhir Jabatan BPD dan PD Lilang

Sertijab Diwarnai Keharuan

KEMA, beritanusantara.co.id – Hukum Tua Desa Lilang Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa Utara, Frangky Roli Rorong, Jumat (26/07/2019) di Lilang melaksanakan pemberhentian dan pelantikan Perangkat Desa (PD) juga Serah Terima Jabatan (Sertijab) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setelah dilantik Camat Kema Vilma Anthoni SH.MH.


Kegiatan ini disesuaikan dengan amanat Peraturan Bupati (Perbup) Minut nomor 17 tahun 2019.
Suasana haru mewarnai acara yang dilaksanakan setelah melewati musyawarah tingkat desa.
Para mantan PD dan BPD yang mengakhiri pengabdian sebagai aparatur ini, kemudian diberikan ungkapan terima kasih oleh pemerintah dan masayarakat desa Lilang, atas pengabdian dalam melaksanakan tugas membangun desa.


Ungkapan terima kasih ini mulai dari piagam penghargaan, bingkisan hingga penyematan cincin emas.
Sementara itu, PD baru yang dilantik ini, sesuai dengan lampiran struktur adalah 11 orang yang meliputi Sekdes, Kaur 2 orang, kepala seksi 3 orang, kepala kewilayahan 5 orang serta 6 hansip orang. Sedangkan untuk BPD akan dilantik langsung Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan Senin 29 Juli 2019 mendatang. Lantunan lagu ‘Kemesraan’ yang digubah sedemikian rupa, kontan membuat beberapa perangkat desa tak mampu menahan derai air mata.
Camat Kema Vilma Anthoni SH MH sangat mengapresiasi pelaksanaan pelantikan dan serah terima PD dan BPD karena Hukum Tua lewat musyawarah dan mufakat telah memutuskan memebrikan penghargaan dan cendera mata berupa cincin emas kepada PD dan BPD lama.
“Hal ini patut diapresisasi karena pengabdian mereka layak diganjar dengan penghargaan seperti ini. Pala dan Meweteng pada beberapa waktu yang lalu tidak digaji ataupun dengan honor yang kecil, namun dengan penuh semangat tetap melaksanakan tugas pemerintahan dengan semangat karena kecintaan terhadap desa. Sesuai dengan amanat Perbup Minut nomor 17 tahun 2019 restsrukturisasi perangkat desa harus dilaksanakan di 125 desa,” tukas Anthoni.
Sementara itu terpisah, Hukum Tua Desa Lilang Frangky Rorong mengajak para PD yang baru dilantik untuk bekerja secara professional sesuai dengan tupoksi masing-masing dan menjadi pelayan masyarakat.
“Jangan kita mengutamakan kepentingan pribadi atau kelompok tertentu di desa ataupun keluarga, tetapi untuk pelayanan mari kita lakukan yang terbaik untuk masyarakat sehingga bisa membangun desa yang kita cintai ini secara bersama-sama,” ujar Rorong.
Lebih jauh dikatakan hendaknya para perangkat Desa Lilang ikut menjabarkan visi dan misi Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan STh yaitu ‘Mengasihi, Melayani dan Mensejahterakan.
“Fokus perangkat Desa Lilang adalah pelayanan yang prima, sesuai dengan visi dan misi saya yaitu, aku dating bukan untuk dilayani, tapi untuk melayani,” ujar Rorong.
Diakhir acara, dilaksanakan deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang merupakan desa ke-50 di Minut. Deklarasi dibacakan oleh Hukum Tua, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua BPD, tokoh masayarakat dan tokoh agama.
Ikut hadir dalam acara pelantikan PD dan sertijab BPD ini Kadis Sosial dan PMD Bobby Nayoan SH yang diwakili oleh Kabid Pemdes Dolly Kenap, Sekcam Kema Maikel Parengkuan SSTP, Babinsa Koramil 1310-05 Kauditan, Kepala Puskesmas Kema dr Amelia Runtu, tomas dan toga. (mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================