Demi Kelancaran Transportasi Laut, Sangihe Dapat Tambahan Kapal Perintis

SANGIHE, beritanusantara.co.id-Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun 2019 mendapat tambahan kapal perintis baru dari pemerintah pusat, adalah KM Sabuk Nusantara 109 yang akan menjadi tambahan armada demi kelancaran transportasi laut.

Kepala Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Mocodompis Muhaling menyebutkan, kehadiran KM Sabuk Nusantara 109 untuk membantu kelancaran arus transportasi laut yang menghubungkan pulau yang satu dengan pulau lainnya, termasuk pulau terluar Marore, Matutuang dan Kawio.

Selama ini kata Muhaling, ada beberapa kapal perintis yang rutin melayanai pelayaran antar pulau, namun masih dibutuhkan tambahan armada untuk lebih menjamin kelancaran transportasi di wilayah perbatasan Indonesia-Philipina.

”KM Sabuk Nusantara 109 kapal baru yang akan membantu pelayaran antar pulau di Sangihe. Kapal ini sejenis dengan kapal perintis lainnya yang telah terlebih dahulu melayari rute perbatasan,”kata Muhaling, kepada awak media, Selasa (29/10)

Karena masih kapal baru, tentunya akan membutuhkan perwira maupun anak buah kapal (ABK) untuk pengoperasian kapal. Oleh karena itu, Muhaling turut menjamin putra daerah yang memiliki kompetensi dibidang perkapalan memiliki peluang untuk dapat masuk dalam managemen kapal.

”Untuk saat ini hanya ada enam orang yang jadi kru KM Sabuk Nusantara 109, itu pun semua berasal dari pulau Jawa, sementara ada sekitar 20-an orang yang dibutuhkan untuk managemen kapal. Jadi sangat terbuka peluang bagi putra daerah yang memiliki kompetensi dengan bidang perkapalan dapat menjadi ABK maupun Kapten serta perwira kapal,”ujar Muhaling

Dia menambahkan, kehadiran KM Nusantara 109 menjadi langkah antisipasi peluang lonjakan penumpang ketika menghadapai Natal dan Tahun Baru. (allen)

============================================================================== ******************* beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================