Diknas Minut Mantapkan 3139 Siswa Peserta UNBK SMP

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – 3139 siswa kelas IX SMP yang dipersiapkan ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT) tahun ajaran 2018/20, di Kabupaten Minahasa Utara semakin dimatangkan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) di daerah ini.
Menurut Plt. Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Bernadeth Longdong MPd melalui Kepala Bidang Pembinaan SD dan SMP Ferry Bensuil S.Sos, Rabu (06/02/2019) di ruang kerjanya, peserta UNBK ini tercatat berasal dari 69 SMP dan 4 Madrasah Tsanawiyah (MTs).  Selanjutnya Bensuil mengatakan, menghadapi UNBK yang akan dilaksanakan pada 22 sampai 25 april 2019 ini para siswa SMP yang ada di Minut baik negeri maupun swasta telah dipersiapkan dengan beberapa kali simulasi yang digelar di sekolah rujukan dan sekolah mandiri.

“Untuk sekolah pelaksana nantinya sebanyak 34 sekolah mandiri, sementara yang menumpang di sekolah lain sebanyak 16 sekolah, sedangkan yang bergabung, terdapat 34 sekolah. Sejauh ini para siswa telah melakukan tryout dan simulasi UNBK sehingga diharapkan pada saatnya nanti tidak menemui kesulitan dalam mengisi soal yang diberikan panitia nasional,” terang Bensuil.
Bensuil-pun mengungkapkan, untuk suksesnya UNBK ini perlu diadakan sejumlah komputer dan jaringan yang dipasang di sekolah mandiri.
“Untuk pengadaan ini memang sekolah mendapat bantuan oleh pemerintah pusat namun hal tersebut masih terbatas. Sehingga sekolah harus memaksimalkan potensi yang ada terutama juga bantuan dari orang tua siswa dengan cara pinjam pakai komputer ataupun laptop,” tukas Bensuil.
Sementara untuk Listrik telah diantisipasi dengan penggunaan genset di setiap sekolah pelaksana.
“Karena ini adalah UNBK serentak di seluruh Indonesia diharapkan tidak aka nada pemadaman listrik saat pelaksanaan. Hal ini untuk mengantisipasi gangguan listrik akibat cuaca dan iklim,” pungkas Bensuil.
Pelaksanaan UNBK untuk tahun ini dilaksanakan di seluruh SMP, hal ini berbeda dengan tahun yang lalu. Hanya SMP Negeri 1 Airmadidi sebagai sekolah rujukan yang melaksanakan UNBK, sementara untuk sekolah swasta, hanya SMP Manado Independent School (MIS).
UNBK adalah sistim pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan computer sebagai media ujiannya. Hal ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 dan berbeda dengan sistim ujian nasional kertas pensil (UNKP) yang selama ini digunakan. (mt)