Dinas Pertanian Optimis Capai Target, Holtikutura Sangihe Bergeliat Ditengah Pandemi

SANGIHE,beritanusantara.co.id – Tanaman Holtikutura Sangihe terus bergeliat meskipun disituasi pandemi sekarang ini. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian GolfrietF Pella kepada awak, Senin (9/8)

Menurut Pella, meski pada semester pertama di tahun anggaran 2021, target pembukaan lahan belum sepenuhnya mencapai 50 persen, namun target ini akan mampu di penuhi pada semester kedua ini.

“Di semester kedua tahun anggaran 2021 ini, target tersebut akqn kami penuhi”,kata Pella.

Untuk saat ini lanjut Pella, Cabe dari target 150 hektar sampai pada akhir Juli 2021 sudah tersedia 50 hektar, Tomat dari target 100 hektar sudah pada posisi 40 hektar, sedangkan bawang merah dari target 30 hektar saat ini baru 2,75 hektar.

“Untuk hasil panen pada semester pertama, cabe memcapai 80 ton, tomat 200 ton sedangkan bawang merah pada angka 2,5 ton. Kalau sampai akhir semester kedua cuaca mendukung maka perluasan area tanam sesuai dengan target untuk cabe dan tomat saya optimis bisa tercapai. Sedangkan untuk bawang merah kami akqn berusaha pacu memenuhi target”,jelasnya

Pella juga menyatakan lahan tanaman holtikutura tersebut tersebar di 13 Kecamatan di luar Kecamatan Marore dan Kecamatan Tatoareng.

“Saat ini pendampingan penyuluh pertanian kami sebar dimana 29 orang pendamping penyuluh ASN dan 4 orang pendamping penyuluh P3K. Saya berharap upaya bersama ini akan mampu menopang peningkatan kebutuhan holtikutra di Sangihe dan khususnya peningkatan pendapatan petani ditengah pandemi covid 19”, tutup Pella, sambil mengajak petani juga puhya semangat juang dalam peningkatan holtikutura di Sangihe. (allen)