Dinas PU Provinsi Sulut “Anak Tirikan” Ruas Tatelu-Girian

Rusak dan Rawan Kecelakaan Lalulintas

Tatelu, beritanusantara.co.id – Ruas jalan Tatelu – Girian yang merupakan poros utama jalur alternatif arus lalulintas dari Manado melewati wilayah Minahasa Utara (Minut) ke Kota Bitung, saat ini rusak dan sangat membahayakan pengguna jalan, terutama pengedara sepeda motor. Kondisi jalan provinsi yang rusak ini, dapat ditemui pada ruas Tatelu – Klabat serta Klabat – Girian.

Menurut Vicky warga Tatelu, saat ini sudah banyak lubang yang bertebaran dan kondisinya cukup dalam bahkan membahayakan,akibat sering digenangi air ketika hujan turun. Kondisi ini sudah  cukup membuat gerah warga selang 10 tahun terkahir.

“Memang ada perbaikan-perbaikan, tetapi tidak bertahan lama sebab air masih saja menggenangi jalan dan kualitas pekerjaan yang terkesan hemat material. Kami merasa dianak tirikan. Bagaimana tidak, belum lama diperbaiki, pasti rusak kembali,” kata Vicky salah satu warga yang mengaku sangat tergantung dengan kondisi ruas jalan itu.

Lubang yang digenangi Air yang membahayakan di ruas Tatelu – Klabat (foto Ist)

Selanjutnya Vicky tak menampik adanya aktivitas angkutan material galian C di beberapa desa/kelurahan seperti di Klabat dan Kumersot.

“Memang ada angkutan meterial galian C yakni Pasir yang melewati ruas jalan ini, tetapi jika perbaikan dilaksanakan dengan baik dan direncanakan dengan matang, maka usia jalan dapat dipertahankan lebih lama,” tukas pria berbadan sedang yang sehari-hari sebagai petani ini.

Pengendara Sepeda Motor harus ekstra hati-hati (foto Ist)

Sementara itu salah satu generasi muda Minut Wiliam Luntungan, mengatakan harus ada perbaikan yang terstruktur dengan ruas jalan ini, dan ini adalah tanggung jawab pemerintah provinsi Sulut, khususnya dinas PU. Dan jika diperbaiki maka harus ada kajian kelayakan terhadap jalan, sebab kondisi landasan yang labil sebab banyak mata air, herus menjadi catatan serius.

Wiliam Luntungan

“Jalur ini adalah jalur alternatif yang cukup ramai dipergunakan warga baik dari Manado – Minut ke Bitung atau sebaliknya, jangan menunggu banyak yang menjadi korban, baru ada perhatian dari instansi terkait dan saya menyarankan kepada wakil rakyat dari Minut dan Bitung di DPRD Provinsi untuk lebih peka lagi melihat kondisi jalan Tatelu – Girian yang cukup dikeluhkan masyarakat. Dan jangan ketika diperbaiki, karena tidak ada kajian matang, umur jalan tidak lama dan kembali rusak. ini jelas sangat merugikan warga, bahkan mobilitas perekonomian jelas terganggu,” tegas Wil sapaan akrab caleg nomor urut 4 Partai Nasdem dapil Minut-Bitung ini.

Kondisi Jalan Rusak (foto Ist)

Pantauan beritanusantara.co.id Senin (28/01/2019), pada ruas jalan ini, terdapat banyak lobang dengan berbagai ukuran dan kedalaman siap mencelakai pengguna jalan. Bahkan pada beberapa bagian terlihat ditandai dengan mencuatnya dasar jalan akibat tergerus aliran air yang sebagian besar tumpah ke jalan bukan ke drainase.

Salah satu warganet dengan akun Feyni Rumampuk bahkan menguploud beberapa foto yang memperlihatkan kondisi beberapa bagian ruas jalan Tatelu-Girian ini dan mendapat tanggapan beragam pengguna media sosial Facebook.(mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================