Dinsos siap tangani orang saki jiwa

MINAHASA, beritanusantara.co.id – Kepedulian Pemerintah terhadap orang yang mengidap gangguan jiwa, pemerintah kabupaten Minahasa, melalui Dinas Sosial (Dinsos) membuat Tim Psiko Sosial.
“Tim psiko sosial ini tinggal menunggu SK dari Bupati Minahasa. Dan tim ini nantinya akan melakukan patroli, fan jika ada orang yang mengidap gangguan jiwa akan di angkut, kemudian di data,” ungkap Kepala Dinas Sosial, Royke Kaloh di ruang kerjanya (28/02)
Lanjunya, Tim Psiko sosial tersebut adalah gabungan tiga instansi pemerintah. “Tim ini gabungan dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pol PP,”terangnya.
Kaloh juga menambahkan, sebelumnya pihaknya telah melaksanakan kegiatan sosial bagi orang yang mengidap gangguan jiwa.
“Ada beberapa orang sudah kami proses dengan cara membawa mereka di Rumah Sakit (RS) Jiwa, atau di rehabilitasi. Tentunya harus ada administrasi, seperti Kartu Keluarga (KK), karena kami akan membantu dalam pengadaan BPJS,”paparnya.
Lebih lanjut Kalo mengatakan, peranserta dari keluarga sangat penting dalam proses administrasi agar bisa di langsung dirawat di RS Jiwa.
“Orang yang mengidap gangguan Jiwa tentu memiliki keluarga, dan keluarga juga harus membantu untuk pendataan, dan administrasi. Dan saat ini kami prioritaskan bagi pengidap gangguan jiwa yang sudah mengganggu ketertiban umum,”pungkasnya.