Dispertan Minahasa Dapat Alat Dari Kementan RI, Torar : Akan Diserahkan Kepada Brigade Dan Kelompok Tani

Posted by

MINAHASA,beritanusantara.co.id-– – Dinas Pertanian kabupaten Minahasa kembali menerimah bantuan beberapa jenis alat pertanian dari Kementerian Pertanian RI pada Tahun 2017 ini. Namun, sebelumnya Dinas Pertanian Minahasa mengajukan proposal ke Kementerian Pertanian RI yang ditandatangani oleh Bupati.

“Alat pertanian ini akan di serahkan kepada Brigade Dinas, Brigade Petani dan kelompok tani untuk dikelolah dan dimanfaatkan oleh petani yang ada di Minahasa,” ungkap kepala Dinas Pertanian Minahasa Ir. Suban Torar, Rabu (06/12).

“Untuk Brigade Petani kata Torar, mendapat 6 unit Hand traktor, 2 unit traktor roda empat, dua unit alat panen jagung, dan 2 unit alat panen padi. Sedangkan untuk Brigade Dinas mendapat 2 unit alat panen padi, 2 unit alat panen jagung. Dan sisanya di kelola oleh Kelompok tani, yakni 10 unit pompa air/disel, 200 buah hand sprayer 200 dan 1 unit Exavator mini,” jelasnya lagi.

Dijelaskannya bahwa alat pertanian tersebut sangat bermanfaat bagi petani. Para petani hanya mengeluarkan biaya operasional dan perawatan.

“Mereka hanya membeli BBM dan biaya operator serta biaya perawatan yang akan diserahkan kepada Brigade Pertanian atau Dinas. Dan untuk alat yang ada di kelompok tani mereka yang kelola,” tutur Torar.

Dikatakan dia, tujuan dari Kementerian Pertanian untuk memberikan bantuan kepada Minahasa, agar bisa memajukan pertanian dan menambah lahan yang bisa di kelola sehingga dapat bermanfaat.