DUKCAPIL Tingkatkan Pelayanan Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

MINAHASA ,beritanusantara.co.id – Utamakan pelayanan masyarakat itu menjadi tujuan  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa saat ini

Kepala Dinas Drs Melky Rumate Msi kepada sejumlah wartawan Jumat (18/12) kemarin  diruang kerjanya  mengatakan, pihaknya bersama jajaranya  tetap berkomitmen dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang membutuhkan berkaitan dengan fungsi tugas  utama pelayanan Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil  Bagi masyarakat Minahasa. “Ujarnya.

“kami selalu terbuka kepada warga dan siapa saja yang ingin mencari informasi berkaitan dengan syarat ketentuan pengurusan  dokumen atau surat kependudukan dan pencatatan sipil, namun kelengkapan berkas menjadi proritas dan saya bisa jamin sehari segala kebutuhan surat  dokumen  selesai saat itu,.”Kata Rumate.

Lanjut Kadis, Selama dokumen lengkap akan langsung diproses sesuai aturan yg berlaku,namun  Jika ada pelayanan yang terlambat, bearti masalah dokumen tidak lengkap atau masalah  jaringan yang kurang maksimal sehingga menghambat kinerja stafnya ,” Ungkap Rumate.

Rumate mengakui akhir – akhir ini  sejumlah masyarakat barangkali keluhkan pelayanan kurang maksimal itu semua karena saat ini kita di perhadapakan situasi kondisi pandemi Covid 19 sehingga  dalam rangka mumutus rantai penyebaranya Disdukcapil mengambil beberapa langkah menggunakan protokol kesehatan , Seperti pelayanan dibatasi dengan nomor antrian,disetiap loket – loket yang disiapkan agar tidak terjadi kerumunan yang bisa membahayakan penyebaran virus menakutkan tersebut, ada juga cara yang lain seperti lewat medsos.”terang Kadis.

Menghindari dari penyebaran Covid 19 Selanjutnya KTP elektronik yang sudah tercetak, dibawa langsung ke Pemerintah Desa selanjutnya diberikan pada yang bersangkutan .untuk perekaman data  langsung di desa-desa , namun menurut Rumate, ternyata masih banyak yang belum melakukan.

“dikantor Dukcapil sendiri saat ini masyarakat tidak ada yang masuk ruangan dengan cara pembagian loket untuk pemasukan dan pengambilan dokumen. Kecuali akan merekam KTP-el baru bisa masuk di kantor, itupun dibatasi dengan nomor antrian,” jelas Rumate.

Menurut Rumate, dengan komitmen  pelayanan prima  kepada masyarakat , Disdukcapil Minahasa pun telah
mendapat penghargaan dari Mendagri. Yakni dari 20 Kabupaten/ Kota se Indonesia sebagai pengelolah administrasi terbaik cepat dalam pelayanan serta tanpa pungli.namun bukan itu saja Dinas mendapat bantuan  mesin ADM .

Ditambahkanya ,pihaknya yakin jika ada warga kurang puas dengan pelayanan saat ini, mungkin  hanya miskomunikasi karena banyak masyarakat yang belum paham masalah dokumen kependudukan. Pada prinsipnya  kami saat menerbitkan surat dokumen tidak asal-asalan saja,oleh karena itu syarat ketentuan harus di taati terutama datanya harus benar sesuai dengan keadaan ada tanpa rekayasa , karena jika salah data kependudukan  akan berhadapan masalah di kemudian hari ,” Tegas Rumate.

Dukcapil Minahasa siap menerima saran serta kritikan dari seluruh masyarakat, jika saran kritikan itu dalam batas kewajaran dan dinilai Positif, kami siap melakukan perubahan dalam peningkatan pelayanan.” Pungkas mantan Kepala Badan kepegawaian Minahasa sambil  menghimbau warga untuk selalu Mencuci tangan, menggunakan Masker dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan.