GADA Waraney TTL gelar lomba Kawasaran se-Sulut

Malonda : Mari Jaga dan lestarikan adat dan budaya Minahasa

MANADO, beritanusantara.co.id – Menjaga dan melestarikan adat dan budaya Minahasa tanah Toar Lumimuut, Ormas Adat Waraney Tanah Toar Lumimuut melalui Generasi Muda (GADA) Waraney TTL, Sabtu (15/12/2018) mempertemukan kelompok kelompok Kawasaran, dalam sebuah perlombaan Kawasaran.

Ketua Umum dan Panglima Besar Waraney Tanah Toar Lumimuut (TTL) Audy Malonda ketika membuka lomba, menyatakan kegembiraan Pengurus Besar Waraney TTL terhadap GADA Waraney yang sudah memprakarsai kegiatan lomba, sekaligus menyampaikan harapan, lomba ini dapat menjadi agenda tahunan dan masuk sebagai kegiatan pariwisata, sebagai sumbangsih Waraney TTL untuk pengembangan adat dan budaya Minahasa.
“Saya sangat banggga dengan pelaksanaan kegiatan ini dan ini harus menjadi agenda tahunan sekaligus menjadi salah satu kalender pariwisata di daerah ini, “ tegas Malonda.
Tumpukan Kawasaran yang mengikuti perlombaan, antara lain berasal dari wilayah Tombulu, Tountemboan dan Bantik.
Lemoh, Senduk, Lahendong, Sonder, Tincep, Tombukar, Buha dan Tomohon serta wilayah lainnya.

Ketua GADA Robby Sumakul menyatakan dengan kegiatan ini diharapkan menjadi pemicu untuk even even sejenis dapat juga dilaksanakan oleh Organisasi Organisasi Adat lainnya. “Dengan kegiatan lomba Kawasaran ini kami mengharapkan ini sebagai pemicu untuk kegiatan sejenis oleh organisasi yang lain, sehingga semangat pelestarian adat dan budaya Minahasa tetap terjaga dan terpelihara dengan baik, terutama untuk generasi muda Tanah Toar Lumimuut,” tegas Sumakul.
Sebagai tim penilai dipercayakan kepada Bert Poluan, Dolof Manopo, Roy Umboh dan Danny Poluan.
Hingga berita ini dibuat tumpukan Kawasaran yang telah menyatakam siap berlomba antara lain :
1. Kasendukan Wuaya desa Senduk Tombariri
2. Teterusan Manarinsing Lemoh
3. Tuama Teterusan Tomohon
4. Mapalus Tountemboan Sonder
5. Manguni Raja Bitung
6. Pinasungkulan Waya Kalasey
7. Kawasaran Tincep
8. Kawasaran Ne Touwariri Tanawangko
9. Kawasaran Tombukar
10. Upasia Bahakeke Bantik Buha
(mt)