Graduation SD GMIM Kinilow, Pdt Nixon Lumi : Pendidikan Tanggung Jawab Guru dan Orang Tua

Tomohon, beritanusantara.co.id – Masa depan bangsa dan negara bergantung pada keterserdiaan sumber daya manusia yang handal.  Hal mendasar yang dibutuhkan untuk menggapainya adalah lewat sektor pendidikan, dan itu merupakan tanggung jawab bersama, baik guru  maupun orang tua.

Pencerahan itu disampaikan Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) GMIM Wilayah Lokon-Empung Pdt Nixon Lumi,S.Th, dalam acara graduation day atau prosesi penamatan siswa-siswi kelas VI SD GMIM Kinilow, Senin (20/6/2022). “Pendidikan itu sangat penting, namun itu bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab sekolah, tetapi harus didukung juga dengan pendidikan di rumah. Artinya, untuk memberikan pendidikan yang baok dan benar adalah tanggung jawab bersama antara guru dan orang tua, terutama bagaimana memberikan contoh-contoh yang baik. Memiliki cita-cita setinggi apapun itu baik, walaupun terkesan tidak mungkin dicapai, akan tetapi itu akan menjadi motivasi untuk menjadi yang terbaik,” pesan Pdt Nixon yang juga berkapasitas sebagai ketua BPMJ GMIM Petra Kinilow.


Lanjut dikatakannya, dengan kegiatan kelulusan siswa, menandakan SD GMIM Kinilow telah berhasil membina karakter dan memberikan pendidikan yag baik. “Apa yang diberikan guru-guru selama enam tahun, tentu tidaklah mudah. Apalagi harus membimbing anak-anak sejak kelas satu. Mulai dari proses mengajari untuk belajar membaca, sampai bisa lulus,” sebut Pdt Nixon dalam  hajatan yang dihelat di aula SD GMIM Kinilow, dan turut dihadiri Ketua BPMJ GMIM Markus Kinilow Pdt Seska Kaparang,S.Th,M.Teol;, Pdt Steven Dotulong S.Teol;, Kepala Kelurahan Kinilow Boy Undap,SE; Kepala Kelurahan Kinilow Satu, Siska Mangundap,Amd,Kep, Komite Sekolah Vanda Rapar, S.Psi, , serta undangan lainnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Graduation Day SD GMIM Kinilow tahun 2022, Jandry Runtulalo,S.Kom, sekaligus mewakili orang tua siswa kelas VI, menyampaikan terima kasih kepada seluruh guru atas proses pendidikan yang diberikan. “Acara kelulusan ini bisa terselenggara dengan baik atas kerjasama pihak sekolah dan orang tua murid, juga komite sekolah dan komisi pendidikan GMIM,” tuturnya sembari menegaskan bahwa kegiatan penamatan digelar merupakan murni inisiatif dari orang tua siswa, dan bekerja sama dengan pihak sekolah untuk memfasilitasi kegiatan.

Plt Kepala SD GMIM Kinilow, Oktobrianty Wowor, S.Pd menginformasikan bahwa, siswa yang menyelesaikan studi di tahun 2022 berjumlah 41 siswa. “Banyak selamat kepada siswa yang mengikuti penamatan. Sangat berharap, agar siswa yang sudah lulus untuk tetap meningkatkan prestasi saat mengkuti pendidikan di jenjang SMP,” ujar Oktobryanti.(jm)