Hadapi Natal dan Tahun Baru, PD Pasar Tomohon Siap Antisipasi Lonjakan Pedagang

TOMOHON, beritanusantara.co.id Selain terus memaksimalkan dan meningkatkan pengawasan, managemen Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Tomohon telah siap mengantispasi lonjakan pedagang di Pasar Beriman, yang lazim terjadi setiap menghadapi momentum perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru. Hal ini sebagaiimana ditegaskan Direktur Operasional, Wilhelm Albert Gontha.

Dijelaskannya, lonjakan pedagang di Pasar Tradisional Beriman Kota Tomohon bukan hanya terjadi saat menghadapi Natal dan Tahun Baru. Tetapi terjadi juga setiap menghadapi momentum hari raya besar lainnya. Namun kata Wilhelm, semua itu selalu bisa teratasi dengan baik lewat pengaturan yang tepat.

“Lonjakan pedagang selalu terjadi saat menghadapi hari raya atau momentum besar lainnya, namun yang paling banyak terjadi saat menjelang hari raya Natal dan Tahun baru,” ujar Wilhelm seraya memastikan bahwa keteriban dan keamanan dalam pasar tetap terkontrol dan akan terus ditingkatkan.

Lanjut kata dia, bercermin dari yang terjadi sebelumnya, pedagang musiman yang akan datang di Pasar Beriman untuk akhir tahun 2017 ini diperkirakan sekitar 300 pedagang. Sementara pedagang tetap yang selama ini telah mengantongi ijin, berjumah 800 pedagang, ditambah tiga ratusan yang berstatus temporer.

 “Mengantisipasinya, area jalan di jalur tengah pasar kami siapkan untuk dimanfaatkan oleh para pedagang, tapi harus tetap mengacu pada pola penggunaan ruang atau tempat yang kami atur,” tutur Wilhelm.

Kendati begitu ditegaskannya, toleransi bagi pedagang musiman untuk memanfaakan ruang di pasar Beriman, baru akan diberlakukan atau diterapkan di minggu kedua di bulan Desember 2016 hingga memasuki minggu ke dua di Bulan Januari 2018. “Nantinya, memasuki minggu ke tiga bulan Januari 2018, penertiban akan kembali dilakukan bagi pedagang yang memanfaatkan lahan alternatif saat menghadapi hari raya,” sebutnya.

Penulis : Jeffrie R. Montolalu