HUT Minahasa Sukses Digelar,“Momentum bersejarah ini mengingatkan kita dari Tou Minahasa masa ke masa yang telah mengabdikan diri untuk daerah tercinta”

ADVETORIAL/MINAHASA, beritanusantara. co.id – Bupati Kabupaten Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) pada Senin (5/11)bertindak sebagai Irup apel memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Minahasa ke-590.
Bupati ROR mengatakan , patut disyukuri dengan sukacita dan kebahagiaan serta berterima kasih kepada Tuhan karena masih boleh merayakan HUT Minahasa ini.
“Momentum bersejarah ini mengingatkan kita dari Tou Minahasa masa ke masa yang telah mengabdikan diri untuk daerah tercinta. Sekarang, tanggung jawab kita adalah berkontribusi bagi masyarakat Minahasa,” ungkap Bupati ROR dalam sambutannya ketika menjadi inspektur upacara, bertempat di lapangan Sam Ratulangi Tondanoi.
Biotic ROR menyampaikan, dalam melaksanakan amanah rakyat Minahasa, tekadnya yakni mewujudkan visi maupun misi RRRD. “Ke depan kami berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi rakyat Minahasa dengan mengutamakan kepentingan masyarakat diatas segalanya,” ungkapnya.
Menurutnya, salah satu yang perlu diubah yakni kaitan dengan pelayanan, ia mengajak agar dalam pelayanan masyarakat dipermudah. “Dalam melayani masyarakat, kiranya dipermudah. Ke depan saya berharap setiap perangkat daerah agar dapat menguasai tugas masing-masing dan setiap program yang disusun dapat direalisasikan,” sampainya.
Momentum ini, kata ROR, dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi diri dengan tetap mengedepankan integritas dan loyalitas, sehingga bisa meraih prestasi. Mengakhiri sambutannya, di hadapan ratusan peserta upacara, bupati mengucapkan dirgahayu Kabupaten Minahasa ke-590, Tuhan akan menyertai kita semua.
Hadir dalam upacara diantaranya, Wakil Bupati Robby Dondokambey, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng, Ketua TP PKK Minahasa Fenny Roring-Lumanauw, Wakil Ketua TP PKK Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Ketua Dharma Wanita Minahasa Seive Korengkeng-Warouw, seluruh perangkat daerah, ASN serta siswa perwakilan masing-masing sekolah

Usai Apel Akbar Hut Minahasa dilapangan God Bless dilanjutkan dengan Sidang Paripurna di Wale Ne Tou Tondano.

Paripurna DPRD Minahasa Dalam Rangka Hari Jadi Minahasa ke-590

 Dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke-590, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, menggelar Rapat Paripurna, bertempat di gedung Wale Ne Tou Tondano, Senin 05 November 2018, mulai pukul 11.00 WITA.

Rapat Paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, didampingi Wakil Ketua Ventje Mawuntu dan Ivonne Adries, serta Sekretaris DPRD Minahasa Dr Christian Vicky Tanor MSi ini, turut dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven OE Kandouw, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi.

Ketua DPRD James Rawung saat memimpin rapat menyampaikan bahwa, sehubungan dengan peringatan Hari Jadi Minahasa ke-590, atas nama Pimpinan dan Anggota DPRD Minahasa mengucapakan selamat Hari Jadi Minahasa.

“Peringatan Hari Jadi Minahasa bukanlah sekedar seremoni belaka, tetapi marilah kita jadikan sebagai suatu momentum dari lembaran dan tonggak sejarah yang baru, dengan berakar dan bermakna pada nilai-nilai luhur budaya dan semangat kearifan lokal, dengan terus meneladani dan menumbuh kembangkan semangat Mapalus, karena semangat itulah ikatan persaudaraan telah membesarkan tanah Minahasa secara tahap demi tahap sehingga menjadi daerah otonom yang memiliki daya saing dan mampu mensejajarkan diri dengan daerah otonom yang lain,” kata Rawung.

Selanjutnya, Bupati ROR dalam sambutannya mengatakan, Hari Jadi Minahasa ke-590 ini menjadi sangat istimewa, sebab merupakan yang pertama bagi dirinya bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, dalam memimpin Kabupaten Minahasa, yang menurut Bupati ROR juga baru berusia 1 bulan 11 hari.

“Momentum bersejarah ini sekaligus juga mengingatkan kita untuk memberikan penghargaan dan terima kasih kepada mereka yang telah berjuang dan mengabdi serta memberikan kontribusi. Seperti Proklamator Indonesia

mengatakan, jangan sekali-kali meninggalkan sejarah, dimana kutipan selanjutnya mengatakan, Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghormati para pahlawan. Kiranya ini bisa tetap tertanam di setiap hati masyrakat Minahasa,” kata Bupati.

Selanjutnya, Bupati juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Presiden Repoblik Indonesia Ir Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan juga

kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, atas perhatian bagi Kabupaten Minahasa. “Kami tetap berharap dapat berlanjut agar pembangunan di tanah Minahasa, sesuai apa yang diharapkan,” ujarnya.

“Kita pula patut berbangga karena Minahasa sudah ikut membanggakan tanah Indonesia dengan prestasi

yang sudah dicapai Ridel Sumarandak, yang berhasil meraih Medali Emas dalam Sport Asian Games 2018, sekalipun belum resmi masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games, tapi ini membuktikan kita bisa bersaing bahkan berprestasi di tingkat Internasional,” kata ROR.

“Peringatan Hari Jadi Minahasa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari semangat patriotisme dan nasionalisme, yang diwariskan oleh pahlawan nasional.

Ada falsafah perjuangan yaitu si tou timou tumou tou, yang bermakna manusia ada untuk memanusiakan orang lain. Kiranya semangat saling menopang ini terus tejaga,” ujarnya.

“Pemkab Minahasa menyampaikan terima kasih atas dukungan dalam pembahasan program-program Pemkab Minahasa, sehingga berbagai program yang telah, sementara dan akan direalisasikan bersama. Saya berharap, kebersamaan antara Pemkab Minahasa dan DPRD Minahasa, dapat tetap berjalan dengan baik demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Wakil Gunernur Sulut Steven Kandouw, dalam sambutannya mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, Hari Jadi Minahasa harus dijadikan sarana kontemplasi, introspeksi dan evaluasi. Dikatakan Kandouw, Visi dan Misi ROR-RD mulai terimplementasikan dengan baik, dan sejauh ini dalam penilaianya dengan nilai yang sangat baik.

“Awal pemerintahan ROR-RD di Minahasa telah menunjukkan perkembangan yang sangat baik, dimana program-program yang diutarakan saat kampanye mulai dibuktikan. Momentum Hari Jadi Minahasa ini tentu menjadi penyemangat dalam membangun Minahasa kedepan. Biarlah sinergitas antara Pemkab Minahasa dan Pemprov Sulut dapat terus berjalan baik, untuk kemajuan Minahasa,” ujar Kandouw sembari menyampaikan selamat Hari Jadi Minahasa ke-590, 5 November tahun 2018.

Turut hadir dalam Rapat Paripurna ini, Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kementrian Dalam Negeri Dr Nelson Simanjuntak SH MSi, Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny C M Roring-Lumanauw SIP, Wakil Ketua TP-PKK Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Forkopimda Sulut, Forkompimda Minahasa, perwakilan Kepala Daerah Kabupaten Kota di Sulut, para mantan Bupati Minahasa, para mantan Ketua DPRD Minahasa, jajaran Pejabat Pemprov Sulut, jajaran Pejabat Pemkab Minanasa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.