Hangau : Kebersihan Lingkungan Tanggung Jawab Semua Pihak

SANGIHE, beritanusantara.co.id– Meskipun ditengah keterbatasan anggaran, namun tidak mematahkan semangat bagi Dinas Lingkungan Hidup (DLH), untuk meraih penghargaan lingkungan, Piala Adipura. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Christofel Hangau, kepada media ini,  Selasa (28/5), menyatakan, permasalahan kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab semua pihak.

“Dinas Lingkungan Hidup adalah instansi teknis yang bertugas mengangkut sampah-sampah di setiap TPS untuk dibawa ke TPA. Sedangkan untuk kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua pihak. Jadi tidak elok jika Kota Tahuna dipenuhi sampah, yang disalahkan justru DLH,” ujar Hangau.

Dia juga menyentil soal minimnya fasilitas kebersihan, seperti Kontainer sampah yang sebelumnya berjumlah 33 unit, saat ini tinggal tiga unit yang berfungsi, sedangkan lainya sudah rusak. Diakuinya, hingga saat ini isntansi yang dipimpinya belum memperoleh anggaran dari APBD untuk pengadaan kendaraan dan perbaikan container sampah.

“Kalau 12 unit motor sampah yang ada saat ini, merupakan CSR dari Bank SulutGo dan dua unit mobil truk sampah berasal dari dana DAK, sebagai bentuk penghargaan terhadap Kabupaten Kepulauan Sangihe yang meraih Piala Adipura,” terangnya lagi.

Dia juga menyentil soal pentingnya peran para camat untuk mengatasi sampah di wilayahnya masing-masing, dengan memberdayakan seluruh perangkat kampung, perangkat kelurahan melalui para Kepala Kampung dan Para Lurah.

Menurutnya, jika hal ini berjalan dengan baik, dipastikan permasalahan sampah akan teratasi. Diakhir perbincangan dengan media ini, eks Kepala BKDD itu, berharap dalam APBD Perubahan akan mendapat tambahan anggaran, untuk pengadaan peralatan bengkel, agar setiap kerusakan yang dialami kendaraan dan container sampah bisa diperbaiki sendiri oleh tenaga dari Dinas Lingkungan Hidup. (allen)