Hari pertama Paslon  IvanSa-CNR dan ROR -RD ikut tahapan pemeriksaan kesehatan di RSUD Kandouw

MINAHASA, beritanusantara.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa melaksanakan tes kesehatan bagi dua bakal pasangan calon (Paslon) di RSUD Prof Kandouw Manado, Jumat (12/01) pagi kemarin.

“Ya, hari ini dua paslon yang mengikuti tes kesehatan antara lain, Royke Oktavianus Roring (ROR) dan Robby Dondokambey (RD), Ivan Sarundajang (Ivansa) Caraig N Runtu (CNR) bertempat di RSUD Prof Kandouw, Manado,” ungkap Ketua KPU Minahasa, Meidy Tinangon, SSi, M.Si.

Dikatakan Tinangon, sebelum melakukan pemeriksaan, para paslon terlebih dahulu mengikuti sosialisasi pelaksanaan penilaian kemampuan rohani, jasmani dan narkoba. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan masing-masing kandidat. “Pasangan calon menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas narkoba selama tiga hari,” katanya.

Setelah dilakukan pemeriksaan calon bupati dan wakil bupati Minahasa, kata Tinangon, hasilnya dirangkum menjadi satu kesimpulan, kemudian dikeluarkan oleh Tim Pemeriksa yang terdiri dari BNN, IDI, HIPSI dan RSUD Prof Kandouw. “Hasil untuk test kesehatan calon bupati dan wakil Bupati Minahasa akan diserahkan kepada KPU Minahasa pada tanggal 16 Januari oleh Tim,” ujarnya.

Dijelaskan Tinangon, jika ada salah satu calon yang tidak lolos dalam pemeriksaan kesehatan, bisa diganti sampai dengan tahap verifikasi persyaratan calon; atau sebelum penetapan calon. Itu tertuang dalam peraturan PKPU tentang pergantian calon dan bakal calon BAB VII pasal pasal 79 ayat (1) huruf a dan b.

“Jadi, penggantian bakal calon atau calon sebagaimana dimaksud pasal 78 ayat (1) hanya dilakukan terhadap bakal calon atau calon yang dinyatakan tidak memenuhui syarat kesehatan, berhalangan tetap atau dijatuhi pidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap,” pungkas Ketua KPU Minahasa Meidy Yafet Tinangon, SSI, M Si.

============================================================================== ******************* beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================