Hasil Swab Ke – 7 Negatif, Pasien 01 Di Sangihe Dinyatakan Sembuh

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Setelah menjalani isolasi sejak 3 April 2020, di RSUD Liun Kendage Tahuna, pasien 01 yang terkonfirmasi positif covid – 19 asal kelurahan tidore, kecamatan tahuna timur, oleh tim medis dinyatakan sembuh setelah hasil swab ke – 7 negatif.

Hal ini disampaikan Juru bicara Tim gugus Kabupaten Sangihe, Dr. Joppy Thungari kepada awak media, Sabtu (20/6).

“Hari ini, kami menerima hasil Swab ke – 7 dari pasien 01, hasilnya Negatif dan sebelumnya juga Swab ke -6 negatif sehingga dinyatakan sembuh dan akan dipulangkan,”kata Thungari.

Terkait kapan pasien dipulangkan Thungari mengatakan, setelah proses administrasi di RSUD Liun Kendage selesai.

“Kalau proses administrasi sudah selesai, pasien akan dipulangkan minggu malam,”ujar Thungari.

Thungari menjelaskan, sesuai buku Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, maka kasus Covid-19 yang tanpa gejala atau gejala ringan, dapat isolasi di rumah.

“Tentunya dengan memperhatikan apakah memiliki rumah yabg memungkinkan untuk isolasi, juga faktor lainnya untuk pasien 03 yag dipulangkan, memperhatikan juga kondisi psikologis yang lagi hamil,”jelasnya.

Thungari juga menyayangkan tindakan pelaku perjalanan yang meninggalkan rumah singgah. Namun diharapkan dan dihimbau, agar dapa melanjutkan karantina sampai 14 hari. (allen)