Hendra : Lembaga Survey dan Hitung Cepat Wajib Mendaftar ke KPU

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id –Aktivitas Lembaga Survey dan Perhitungan Cepat hasil Pemilihan Umum 2019 yang telah melaksanakan kegiatan di wilayah kabupaten Minahasa Utara, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran.

Hal ini dikatakan Ketua Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM Hendra Lumanauw mewakili ketua KPU Minut Stella Runtu, Rabu (13/02/2019).
Lumanauw menyebutkan pendaftaran yang dilaksanakan ini bersifat wajib sehingga tidak ada survey liar yang diragukan keakuratannya.
“Kami sudah membuka pendaftaran sejak Januari dan seluruh lembaga survei yang ada di Minut dan melaksanakan aktivitas terkait Pemilu, wajib melapor ke KPU. Hal ini mencegah hasil survey secara liar dan berpeluang menciptakan kesimpang siuran terhadap hasil dan dikhawatirkan berpeluang menciptalan masalah baru, apalagi konflik kepentingan dan pendaftaran ini terbuka hingga satu hari menjelang pemungutan suara, ” kata Lumanauw.
Menyikapi hasil yang nanti diumumkan lembaga survey dan hitung cepat, Lumanauw menyebutkan, itu bisa saja dikeluarkan oleh lembaga tersebut, namun secara resmi hasil perhitungan suara, baik Pilpres maupun Pileg adalah data dan informasi yang disampaikan secara resmi oleh KPU, setelah melewati tahapan perhitungan sesuai aturan yang digunakan oleh KPU.
“Walaupun ada hasil perhitungan oleh lembaga survei, tetapi seluruh hasil perhitungan suara adalah hak KPU untuk menentukan dan mengumumkan hasil resmi penghitungan pemungutan suara,” tegas Hendra. (mt)