HJP Pemimpin Bernaluri Peduli Pelestarian Warisan Budaya Daerah

MANADO, beritanusantara.co.id – Tak bisa dipungkiri, sangatlah sulit menemukan pemimpin yang memiliki kepedulian terhadap bentuk-bentuk pelestarian budaya daerah. Akan tetapi, hal itu akhirnya termentahkan lewat kehadiran figur Hanny Joost Pajouw yang ternyata memiliki naluri yang sangat kuat untuk melestarikan kearifan lokal yang diwariskan para leluhur daerah ini.

Satu diantaranya dibuktikan HJP lewat pemberian diri secara total untuk mengangkat dan mengembangkan aset budaya yang dimiliki Sulut, yakni alat musik Kolintang. Untuk tujuan itu, HJP tak sungkan untuk berkolaborasi dan merangkul para seniman Kolintang yang ada di Sulut. Alhasil, atas karya dan inovatifnya, sejak tahun 2015 silam HJP pun didapuk sebagai Ketua Persatuan Insan Kolintang Indonesia (PINKAN) Provinsi Sulawesi Utara. Kepercayaan dan tanggung jawab yang besar itupun sampai sekarang ini masih di jabat HJP


Selain menjabat Ketua PINKAN Sulut, HJP juga ikut mendedikasikan diri lewat pendampingan langsung guna mempertahankan nilai-nilai budaya lainnya. Nyatanya, calon Wakil Wali Kota Manado ini tercatat juga sebagai Ketua Umum Ikatan Nyong dan Noni Sulut (INNS) untuk periode 2013 sampai saat ini.

Menyentil tentang semua giat itu, HJP berkilah bahwa semua tanggung jawab itu diterimanya atas dasar desakan nurani untuk mengabdi bagi daerah.
“Banyak orang mengatakan, jika bukan kita, lalu siapa? dan jika bukan sekarang, kapan lagi!. Kata-kata itu sangat memotivasi untuk ikut memberi diri sekaligus menjawab desakan naluri dalam upaya pelestarian dan pengembangan nilai-nilai budaya daerah, karena lewat kebudayaan kita dapat mengetahui jati diri kita. Selain itu, bagi saya, satu dari banyak cara untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat adalah dari sisi budaya,” ujarnya.(*)