HKN Ke – 56 Tahun, Pemda Sangihe Serahkan Sertifikat Akreditasi Puskesmas Dan Mobil Ambulance

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 tahun, Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezae Gaghana, menyerahkan sertifikat Akreditasi kepada Lima Puskesmas dan Delapan unit mobil ambulance, Kamis (12/11), di Kantor Dinas Kesehatan Daerah (DINKESDA) Kabupaten Sangihe.

Dalam sambutannya, Gaghana menyampaikan terimakasih atas agenda besar yakni penyerahan sertifikat akreditasi puskesmas bisa dilaksanakan dengan baik. Menurutnya, hal itu merupakan bentuk kepedulian di bidang kesehatan, dalam pengembangan pelayanan dasar di Kabupaten Sangihe.

“Tentu akreditasi ini memberi gambaran betapa kinerja kita dapat dituntut semaksimal mungkin. Gambaran-gambaran itu sangat terukur dengan apa yang kita capai dalam kegiatan nasional ataupun regional. Dan juga sangat menentukan penilaian kinerja dari pelayanan dasar,” ungkap Gaghana

Diapun berharap tenaga kesehatan yang ada di tiap Puskesmas lebih meningkatlan kualitas pelayanan dan kerja sama dalam agenda kunjungan ke masyarakat untuk menekan angka kematian baik ibu hamil maupun yg mau melahirkan.

“kiranya ini juga menjadi perhatian kita. Kunjungan ke ibu hamil kiranya dialakukan dengan baik, untuk menjaga agar tidak menjadi kasus gizi buruk dan stunting, sehingga ini menjadi perhatian bersama,” ujarnya.

Gaghana juga mengungkapkan rasa syukur karena delapan puskesmas di Sangihe mendapat mobil ambulans baru. Dia mengingatkan, kiranya harus belajar dari pengalaman dalam mengelola aset negara dan aset daerah yang selama ini tidak dipedulikan.

“Saya mengingatkan aset ini mahal. Tolong dikelolah dengan baik. Pelihara supirnya, harus rajin dikontrol. Kalau waktu ganti oli tolong diganti. Dan jangan diganti dengan hal-hal yang tidak sesuai standar. Begitu juga dalam hal pemeliharaan supaya benar-benar kita bisa ikuti mekanisme supaya sarana ini bisa digunakan,”kata Gaghana.

Diwaktu yang sama, Kepala Dinkesda, Joppy Thungari menjelaskan, Tahun 2019 lalu, ada 17 puskesmas di Kabupaten Kepulauan Sangihe semuanya sudah terakreditasi. Namun karena masa akreditasi hanya 3 tahun setelah itu wajib di re-akreditasi, sehingga di tahun 2019 lalu ada 2 puskesmas yang di re-akreditasi dan 5 puskesmas baru yang terakreditasi.

“Jadi saat perayaan HKN ini, bupati menyerahkan sertifikat akreditasi dan re-akreditasi tahun 2019 lalu. Dan untuk tahun ini, sebenarnya ada 5 puskesmas yang akan di re-akreditasi namun karena Covid-19 jadi kebijakan dari kemkes ditunda tahun depan,” jelasnya.

Selain itu juga, ada penyerahan delapan unit ambulans. Pengadaan ambulans melalui DAK 2019. Dan memang Pemkab berjuang lewat dana dari pusat untuk pengadaan ambulans ini, karena biayanya sangat mahal. Bersyukur di tahun 2020 ini Kabupaten Sangihe mendapat 8 unit ambulans.

“Mobil ambulans ini sudah datang beberapa bulan yang lalu, namun persuratannya belum lengkap. Dan dimomentum HKN sudah bisa diserahkan. Dan kita berharap 17 Puskesmas di Sangihe akan mendapatkan mobil ambulans baru, karena rata-rata usia ambulans kita sudah di atas 10 tahun sehingga harus ada regenarasi ambulans. Sehingga saat ini ada 9 puksesmas yang sementara diperjuangkan untuk mendapatkan mobil ambulans baru,” jelas Thungari.

Dia pun berharap di kegiatan HKN ke 56, ada perubahan perilaku masyarakat untuk hidup sehat karena itu merupakan upaya untuk menyehatkan masyarakat Sangihe.

“Kiranya ada perubahan perilaku masyarakat untuk hidup sehat apalgi saat pandemi covid-19 yang harus tetap mengikuti protokol kesehatan,”ujarnya. (allen/advetorial)