Implementasikan Tri Dharma PT, Polimdo Gelar Pelatihan Aplikasi Software Kepada Komunitas COOL New Jubilee

MANADO, beritanusantara.co.id, Mengimplementasikan ilmu dan ketrampilan kepada masyarakat adalah tugas dan tanggung jawab para akademisi dan tenaga teknis, sebagaimana amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian kepada Masyarakat. Mewujud-nyatakan hal itu, Politeknik Negeri Manado (Polimdo) menerapkan sistem pendampingan kepada Komunitas COOL New Jubilee dan membekalinya dengan program pelatihan di bidang aplikasi software.

Program pengabdian berbasis peningkatan dan penguasaan ilmu pengetahuan di bidang software tersebut, diarahkan agar masyarakat dapat mengenal dan menjalankan secara profesional sejumlah sofware seperti Microsoft Office, PDF Reader, Adobe Photoshop, Aplikasi Chattingdan Software Manajemen Email, Google Sketchup, AutoCAD, Corel Draw. Kegiatan transfer ilmu yang digelar di kampus Polmido Sabtu (12/9/2020), di tangani langsung oleh tiga dosen di lingkungan Polimdo, Yakni Ivoletti Walukow, SE, M.Si, Shane Pangemanan, SE, M.Si dan Heidy Pesik, SE, M.Ak.

Ivoletti Walukow yang tercatat sebagai Asesor Kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi P1 – Polimdo ini menjelaskan, Komunitas COOL New Jubilee adalah komunitas generasi muda yang berada di seputaran Kampus Politeknik di Desa Buha. Anggotanya sebagian besar terdiri dari para pemuda  dan mahasiswa yang sementara kuliah maupun telah lulus, bahkan sudah beberapa tahun menjadi alumni Politeknik Negeri Manado.

“Era Sekarang ini sudah sangat mutlak jika setiap pekerja atau pencari kerja harus memiliki pengetahuan berupa standar aplikasi yang diperlukan untuk mendukung berbagai pekerjaan di dunia bisnis. Artinya jika tidak menguasai aplikasi-aplikasi ini, akan sangat kesulitan untuk mengembangkan ataupun meniti karir. Juga bakal menemukan berbagai kendala dalam menjalani bisnis (bagi pengusaha UMKM). Tuntutan ini juga berlaku bagi para pemuda pencari kerja baik lulusan Perguruan Tinggi maupun pemuda yang putus sekolah. Jika tidak menguasai beberapa aplikasi yang sudah menjadi keharusan dalam meniti didunia kerja, maka karir dan pekerjaan akan sangat sulit berkembang. Karenanya telah menjadi tanggung jawab masyarakat kampus Politeknik Negeri Manado sebagai Perguruan Tinggi vokasional bersama dosen dan  mahasiswa, untuk mentransfer seluas luasnya kepada masyarakat,” ujar Ivoletti yang adalah dosen Program studi Akuntansi Keuangan/D4 dalam Jurusan Akuntansi Polimdo.

Lanjut dijelaskannya, kegiatan pengabdian dengan memberikan solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi mitra yaitu, melaksanakan Workshop dengan materi tentang beberapa paket Aplikasi. Paket Aplikasi yang akan diberikan adalah yang paling dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini sesuai kompetensi yang dimiliki para pemuda anggota Mitra (Commerce atau Engineering). Seperti : Memberikan bimbingan dan pelatihan menggunakan dan mengoperasikan paket-paket Software; Memberikan pendampingan terhadap anggota cool yang sudah  bekerja yang sehari-hari di kantor/perusahaan yang pekerjaannya menggunakan paket-paket software ; Memberikan pendampingan terhadap para anggota cool yang ingin membuka usaha rumahan seperti percetakan dimana aplikasi software ini sangat berguna untuk dijadikan bisnis jasa percetakan Baliho, Banner, Flyer dan lainnya.

“Komunitas Cool New Jubilee akan menjadi mitra Polimdo. Dan bentuk pendampingan dilakukan secara rutin dalam bentuk pertemuan untuk sharing bersama terkait kendala-kendala dalam mengikuti kegiatan perkuliahan atau masalah-masalah yang ditemui dan rasakan sendiri di dalam dunia kerja. Juga untuk menyikapi situasi saat ini, karena banyak yang sulit memperoleh pekerjaan akibat gagal (tidak lolos) dalam proses rekrutment/ test di berbagai perusahan. Apalagi di era pandemic covid-19 sekarang ini, dimana pelatihan yang mahal ini, jarang dilaksanakan di Kota Manado karena kebanyakan program pelatihan/training software tersebut pelaksanaannya sering di daerah Jawa. Hal ini lebih sulit lagi bagi mereka untuk menempuhnya,” sebut Ivoletti Walukow, didampingi Shane Pangemanan, dan Heidy Pesik.

Diinformasikan juga, Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) khusus skim Diseminasi Pengabdian Kepada Masyarakat (DPTM) ini melalui tahap- tahap seperti prosedur kerja.  Metode pelaksanaan ini terjadi perubahan oleh sebab Tim dan seluruh peserta diperhadapkan dengan situasi dan keadaan Pandemi Covid – 19. Pelatihan atau training yang biasanya dilakukan dalam satu ruangan Lab dengan cara tatap muka dilakukan menyesuaikan dengan peraturan pemerintah, yaitu pake masker, jaga jarak, mencuci tangan dan memakai hand sanitizer. Ada juga satu kali pertemuan secara off line di Lab Komputer Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Manado. Pertemuan – pertemuan berikutnya dilakukan secara Daring. Tahap kegiatannya adalah Sosialisasi, Pembuatan Modul, Pendaftaran Peserta, Instalasi Aplikasi.

“Diharapkan, dalam pelatihan ini, skill/ kemampuan mengoperasikan aplikasi ini akan sangat bermanfaat bahkan berpotensi bagi para pemuda/pemudi Komunitas Cool New Jubilee Politeknik untuk mengembangkannya dalam bentuk usaha Studio rumahan yaitu percetakan Baliho, Banner, Editing Flyer dan lainnya dengan desain yang akan dipelajari dalam workshop pelatihan yang mereka ikuti,” tutur Ivoletti, sembari menambahkan bahwa awalnya kuota yang disediakan hanya untuk 20 peserta, akan tetapi peserta yang mendaftar berjumlah 40 orang, sehingga teknis pelatihan akhirnya dibagi dalam dua ruangan Lab yang ada di Jurusan Akuntansi. Hal ini menunjukan bahwa ternyata Pelatihan Aplikasi Software ini sangat diminati oleh peserta yang terdiri dari para pemuda.(*)