Indikasi Rabies , Dinas Pertanian lakukan Vaksinasi Rabies 1000 anjing di Tondano

MINAHASA, beritanusantara. co. id – Hanya dalam sepekan, petugas di Dinas Pertanian Minahasa telah melakukan vaksinasi rabies pada lebih dari 1.000 anjing di Tondano. Hal ini dilakukan karena ada laporan gigitan anjing pada daerah tersebut.
Kepala Dinas Pertanian Minahasa melalui Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner, Pauldy Aguw saat diwawancarai sejumlah media Selasa (23/01) menjelaskan, kegiatan vaksinasi ini dilakukan pada enam kelurahan di Tomohon, yaitu Kembuan, Tataaran, Taler, Liningaan, Wawalintouan, dan Sumalangka. Umumnya vaksinasi ini dilakukan karena ada permintaan dari pemerintah kelurahan setempat.
“Khusus di Kelurahan Taler, vaksinasi dilakukan karena ada laporan 10 kasus gigitan. Bahkan hasil pemeriksaan dokter menunjukkan kasus gigitan anjing ini positif rabies,” ujarnya.
Aguw menuturkan dalam kasus seperti di Taler ini pihaknya segera melakukan langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Menurutnya kasus rabies menjadi perhatian serius karena bisa berbahaya bagi manusia.
Ditambahkannya proses vaksinasi pada anjing tidak selamanya berjalan lancar. Menurutnya masih ada warga yang menolak anjingnya di vaksin.
“Masih ada warga yang menolak anjingnya divaksin rabies. Umumnya mereka khawatir peliharaan mereka ini mati. Padahal vaksinasi rabies pada anjing sangat penting untuk keamanan pemilih dan warga sekitar,” tuturnya