Jumlah pedagang bertambah, PD Pasar Kota Tomohon optimalkan pengawasan dan penertiban

TOMOHON, beritanusantara.co.id –  Menjalani dan menghadapi gerakan pertumbuhan ekonomi di sepanjang tahun 2019 ini, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Tomohon terus meningkatkan pengawasan dan penertiban yang ektra ketat di seluruh areal Pasar Beriman. Itu ditempuh guna menyikapi gerak tumbuh animo masyarakat untuk memanfaatkan pasar sebagai tempat berdagang, yang dibuktikan dengan adanya pertambahan pedagang di pasar tersebut.

Direktur Utama PD Pasar Kota Tomohon, Noldy Montolalu melalui Direktur Operasi, Wilhelm A. Gonta menjelaskan, pengawasan dan penertiban yang ekstra ketat ditempuh guna memberikan kenyamanan kepada semua pihak yang datang beraktivitas di Pasar Beriman. Langkah awalnya telah ditempuh yakni mengembalikan kondisi pasar seperti semula, setelah sebelumnya pada akhir tahun 2018 silam, diberikan keleluasaan bagi pedagang musimam untuk memanfaatkan lahan khusus sebagai tempat berdagang.

“Sepanjang bulan Januari 2019, kami fokus mengembalikan pasar pada kondisi semula. Itu karena adanya kebijakan yang diberlakukan akhir tahun 2018 silam, dengan memberikan toleransi bagi pedagang musiman untuk menjalankan usahanya ditempat-tempat khusus, yang kebanyakan memanfaatkan badan jalan sebagai tempat berjualan. Namun, memasuki bulan Januari tahun 2019, semuanya telah dikembalikan ke kondisi normal,” sebut Wilhelm saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Kamis (31/1/2019).

Wilhelm juga mengakui, kedatangan pedagang musiman ikut memberikan pengaruh pada keadaan pasar, berupa bertambahnya jumlah pedagang. Dimana, setelah dilakukan penertiban dan pembinaan, beberapa pedagang yang awalnya berstatus musiman, kini telah memilih untuk menetap.

“Ada belasan pedagang musiman yang memilih untuk menetap dan ini menyebabkan bertambahnya jumlah pedagang yang ada. Kamipun berupaya menyikapinya dengan serius demi kepentingan dan kebaikan semua pihak, karena pada intinya Pemerintah Kota Tomohon lewat managemen PD Pasar tetap komit memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat,” ujar Wilhelm. (jrm)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================