Kabasaran Tampil Gagah Berani Di Jakarta

Posted by

JAKARTA, beritanusantara.co.id  – I Yayat U Santi menggema, ratusan Tou Minahasa dengan gagah berani dan perkasa menampilkan gaya perang adat Kabasaran di Ibu Kota Negara Inodensia-Jakarta, Minggu  (26/11/2017).

Hadirnya atraksi tarian perang Kabasaran yang dikemas sebagai bagian dari Festival budaya Tonsea di Jakarta itu, tak lepas dari peran Letkol inf Armed Toar Pioh. Mantan Dandim Manado yang baru saja di mutasikan ke Mabes AD di Cilangkap ini sukses memimpin 250 pengatraksi pada Minggu siang ini, 26 November 2017.

Adapun rangkaian kegiatan di awali dengan kegiatan Maniwo Jumat, 24 November 2017, Festival Budaya Sabtu, 25 November 2017 dan di akhiri dengan Defile tarian kabasaran serta pakaian dan tarian seni budaya Tonsea-Minahasa di awali dengan start bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI) menuju tugu Monas. Hal yang paling membanggakan ialah kegiatan ini di catat dalam institusi MURI sebagai tarian Kabasaran terbanyak.

Pada awak media Via Whatsapp, tuama Minahasa yang di dapuk sebagai Pembina Forum Wartawan Peduli Adat Sulawesi Utara (Forpeda Sulut) mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan tujuannya semata mata hanya melestarikan sekaligus mempromosikan bahwa adat dan Budaya Sulut terpelihara dengan baik. “Sebagai Tuama Minahasa, saya berkewajiban melakukan itu,” tukas Letkol Toar Pioh.

Penulis : Jeffrie R. Montolalu